PENGANEKARAGAMAN PANGAN MELALUI PEMBUATAN BEBERAPA PRODUK OLAHAN HASIL TERNAK

Yoshi Lia Anggrayni, Mahrani Mahrani, Infitria Infitria, Jiyanto Jiyanto, Gusparia Gusparia

Abstract


Perkembangan sektor peternakan akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat baik kalangan bawah, menengah dan atas, apabila peternakan ditangani secara komprehensif mulai dari pengadaan sarana produksi (bibit ternak, obat-obatan, pakan), penanganan teknik budidayanya, penanganan pascapanen dan penanganan aspek pemasaran serta kelembagaan. Penanganan pascapanen dan penanganan aspek pemasaran serta kelembagaan, merupakan tiga kegiatan hilir yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam penanganannya melainkan harus secara terpadu untuk menghasilkan ouput yang berkualitas. Keterampilan masyarakat dalam pengolahan hasil peternakan masih rendah. Beberapa inovasi dalam mengolahan hasil ternak tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk sekaligus daya disimpannya. Pengolahan berbagai produk hasil ternak merupakan bentuk penganekaragaman pangan untuk meningkatkan konsumsi protein hewani dan selera konsumen. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatkan keterampilan murid dalam membuat berbagai produk olahan hasil ternak, dan meningkatkan wawasan murid dalam membuat berbagai produk olahan hasil ternak. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Logas Tanah Darat, Kecamatan Logas Tanah Darat. Metode kegiatan yang dilaksanakan adalah penyuluhan dan pelatihan dengan judul kegiatan “Penganekaragaman Pangan Melalui Pembuatan Beberapa Produk Olahan Hasil Ternak”. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mendapat respon yang positif dan antusias dari guru dan murid. Kegiatan dimulai dari kegiatan penyampaian materi kepada murid dengan metode ceramah dan diskusi. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan bakso ayam. Pada saat pelatihan pembuatan bakso ayam, murid berpartisipasi dalam membuat bakso ayam sambil diskusi. Pada akhir kegiatan, murid telah mampu menghasilkan produk olahan hasil ternak berupa bakso ayam.


Keywords


Penganekaragaman Pangan, Hasil Ternak

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Kuantan Singingi. 2022. Statistik Kesejahteraan Rakyat. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi.

Kisworo, Djoko., Haryanto, Bulkaini, Wahid Yulianto, Baiq Rani WD. 2023. Penggunaan Spinner Untuk Mengoptimalkan Proses Penirisan Minyak Dalam Pembuatan Abon pada Kelompok PKK Kelurahan Sayang – Sayang Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Jurnal PEPADU. Vol. 4 (1): 29 – 32.

Mangisah, Istna., Anis Muktiani, Bambang Sukamto, Mulyono, N. Suthama, V.D.Y.B. Ismadi, dan Lilik Krismiyanto. 2020. Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak dan Peluang Bisnis Makanan Jadi di Era Digital di Kelurahan Mangunharjo Tembalang Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Vokasi. No. 01 (03): 191 – 196

Suharyanto. 2009. Pengolahan Bahan Pangan Hasil Ternak. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2260-2265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.