PELATIHAN MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN BAGI KARYAWAN RUMAH SAKIT KARTIKA HUSADA

Sylvia Diana Purba, Yohanes Arianto Budi Nugroho, Levi Nilawati, Syarief Darmoyo, Christine Winstinindah Sandroto

Abstract


RS-KHJ ingin merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan bagi para karyawannya teristimewa mereka yang menduduki level supervisor ke atas. Hal ini dirasa perlu agar  karyawan di level manajemen mampu mengelola unit nya dan mengembangkan karyawannya agar dapat bekerja untuk mencapai tujuan unit dan melakukan inovasi berkelanjutan. Untuk itulah UAJ terpanggil untuk mendarmabaktikan ilmu untuk turut mengembangkan karyawan di RS-KHJ dalam bentuk    melakukan pengabdian Masyarakat dengan memberikan pelatihan manajemen dan kepemimpinan  di RS-KHJ. Peserta dalam pelatihan ini adalah para pimpinan unit di RS-KHJ. Pelatihan yang dilaksanakan tatap muka berjalan dengan lancar dan evaluasi untuk tiap kriteria pelatihan yang dinilai mayoritas mendapatkan hasil sangat baik. Ke depannya pengabdian Masyarakat dari UAJ terhadap RS-KHJ akan tetap dilaksanakan untuk terus berkontribusi dalam pengembangan RS-KHJ.


Keywords


kepemimpinan, manajemen, pelatihan, pengabdian masyarakat, rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Achua, C.F. and Lussier, R.N. (2013) Effective Leadership. South-Western Cengage Learning, Mason.

Afifah, D., Jannah, N., & Mayasari, P. (2023). Strategi Manajemen Konflik Perawat di Rumah Sakit Pendidikan Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 11:1, 15-23.

Basogul, C., & Ozgur, G. (2016). Role of Emotional Intelligence in Conflict Management Strategies of Nurses. Asian Nursing Research. 10: 228– 233.

Groysberg, B., Lee, J., Price, J. and Cheng, J.Y.-J. (2018) The Leader’s Guide to Corporate Culture: How to Manage the Eight Critical Elements of Organizational Life. Harvard Business Review, 96, 44-52.

Daft, Richard. The Leadership Experience, seventh edition. Cengage Learning, Owen Graduate School of Management, Vanderbilt University, USA, 2018.

Griffin, Ricky W., Phillips, Jean M., and Gully, Stanley M (2017). Organizational Behavior: Managing People and Organizations, 12 ed., South-Western Cengage Learning.

Johansen, M.L. and Cadmus, E. (2016) Conflict Management Style, Supportive Work Environments and the Experience of Work Stress in Emergency Nurses. Journal of Nursing Management, 24, 211-218.

Lacerenza, C.N., Reyes, D.L., Marlow, S.L., and Joseph, D.L. (2017). Leadership Training Design, Delivery, and Implementation: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology, 102(12), 1686 –1718.

Lahana, E., Tsaras, K., Kalaitzidou, A., Galanis, P., Kaitelidou, D., & Sarafis, P. (2017). Conflicts management in public sector nursing. International Journal of Healthcare Management, 0(0), 1–7.

Rahim, M.A. (2001) Managing Conflict in Organizations. 3rd Edition, Quorum Books, Westport, Connecticut.

Sandroto, Christine Winstinindah. 2021. Pelatihan: Pentingnya Soft Skills Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (1).

Yuwono, Muhammad Ridlo., Ariwibowo, Eric Kunto., Firmansyah, Ferry., dan Indrayanto, Bayu. 2020. Pelatihan Anbuso, Zipgrade, dan Google Form sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran di Era Digital. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(1).

https://www.atmajaya.ac.id

https://www.kartikahusadagroup.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2302-2309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.