MEMBANGUN BRAND IMAGE MINUMAN KESEHATAN HONEY LEMON SILINA MERUPAKAN HASIL KREATIVITAS MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS SEBELAS MARET MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN

Lobes Herdiman, Ilham Priadythama, Susy Susmartini, R. Hari Setyanto, Taufiq Rochman

Abstract


Taktik komunikasi pemasaran tradisional dan produk melemah di era konsumen baru. Peran branding produk dalam memperkenalkan identitas visual merek kepada konsumen dalam pemasaran semakin menonjol dan menjadi bagian dari daya saing bisnis. Branding minuman kesehatan berubah menjadi minuman siap minum. Menjamurnya gerai minuman di seluruh kota di Indonesia memunculkan fenomena baru. Namun minat masyarakat terhadap minuman sehat masih rendah dan memberikan prospek pengembangan. Keterlibatan masyarakat ini merupakan kelanjutan dari inisiatif pengabdian masyarakat pada tahun-tahun sebelumnya yang berfokus pada produk minuman kesehatan Honey Lemon Silina. Bahan utama Honey Lemon Silina adalah madu dan jus lemon, yang memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna. Aspek terpenting dalam branding minuman kesehatan adalah memastikan konsumen tidak pernah melupakannya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Branding produk dari mulut ke mulut merupakan strategi untuk membangun dampak merek di kalangan pelajar lain atau konsumen sasaran. Pesan konsumen lebih efektif untuk branding dibandingkan iklan viral. Prioritaskan komunikasi dan keterlibatan dengan mengevaluasi citra merek produk. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa Teknik Industri Universitas Sebelas Maret tentang pendekatan komunikasi pemasaran untuk membangun brand image merek minuman kesehatan “Honey Lemon Silina” yang bekerjasama dengan start up bisnis Honey Lemon Nutrivit. Langkah awal dalam mendidik mahasiswa teknik industri tentang strategi komunikasi pemasaran adalah mengidentifikasi model bisnis saat ini, mengembangkan taktik penjualan, memilih tujuan strategis alternatif, dan menciptakan model bisnis baru.

Keywords


Product Branding, Honey Lemon Silina, Digital Marketing, Company's Business Model

Full Text:

PDF

References


Balick, M. J., Weil, A., Mattern, V., dan Dog, T. L. (2014). Rodale's 21st-century herbal: a practical guide for healthy living using nature's most powerful plants. Rodale, New York, 313-338.

Corbo, M. R., Bevilacqua, A., Petruzzi, L., Casanova, F. P., dan Sinigaglia, M. (2014). Functional Beverages: The Emerging Side of Functional Foods. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, Vol. 13 No. 6, 1192-206. DOI: 10.1111/1541-4337.12109.

David, M. E., David, F. R., dan David, F. R. (2016). The quantitative strategic planning matrix: a new marketing tool, Journal of Strategic Marketing. Vol. 25 No. 4, 1-11. DOI: 10.1080/0965254X.2016.1148763.

David, M. E., David, F. R., dan David, F. R. (2009). The quantitative strategic planning matrix (QSPM) applied to a retail computer store. Coast. Bus. J., Vol. 8 No. 1, 42-52. https://digitalcommons.coastal.edu/cbj/vol8/iss1/4.

Dzulfikar, A., Jahroh, S., Ali, M. M. (2022). Business Development Strategy of Instant Ginger Start-Up in The Covid-19 Pandemic. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 19 No. 2. DOI: 10.17358/jma.19.2.251

Herdiman, L., Priadythama, I., Setyanto, R. H., Rochman, T. (2024). Pelatihan Penggunaan Mesin Pasteurisasi Untuk Memenuhi Standar Mutu Produk Madu Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Sebelas Maret. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 7 No. 2, 668- 681. DOI: 10.31604/jpm.v7i2.668-681.

Herdiman, L., Susmartini, S., Rochman, T., Setyanto, R. H., Priadythama, I. (2023). Sosialisasi Usaha Minuman Madu Lemon Siap Minum Merek Honey Lemon Silina Hasil Proses Pasteurisasi di Kalangan Generasi Z Kota Surakarta Melalui Preferensi Konsumen dan Harga Pembelian. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6 No. 11, 4064-4076. DOI: 10.31604/jpm.v6i11.4064-4076.

Herlinawati. (2023). Penentuan Setting Level Mesin Pasteurisasi Berteknologi Heat Transfer Fluid Dan Pulsed Electric Field Berdasarkan Pengujian Kualitas Madu Randu Untuk Memenuhi SNI Madu. Skripsi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Isnaini, W., Setiawan, D., Nisa, N. I. F. (2019). Pelatihan Penguatan Brand serta Penggunaan Digital Marketing bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, Vol.2 No. 2, 1-7, DOI: 10.22146/jp2m.49046.

Kasapoğlu, K. N., Daşkaya-Dikmen, C., Yavuz-Düzgün, M., dan Karaça, A. C. (2019). Chapter 3: Enrichment of Beverages with Health Beneficial Ingredients, In: Value-Added Ingredients and Enrichments of Beverages, Volume 14: The Science of Beverages, editors Mihai, A., Grumezescu, dan Holban, A. M., 63-99. DOI: 10.1016/B978-0-12-816687-1.00003-5.

Mordor Intelligence. (2024). Health Drinks Market Size & Share Analysis - Growth Trends & Forecasts (2024-2029). Retrieved January 30, 2024, from https://www.mordor intelligence.com/industry-reports/ global-health-drinks-industry.

Mukherjee, A., Mukherjee, E., dan Menon, V. (2022). Contribution of Non-Alcoholic Beverage Sector to Indian Economic Growth and Atmanirbhar Bharat, in association with Indian Council for Research on International Economic Relations (ICRIER), New Delhi: AF Press.

Muntazori, A. F., dan Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi Jurnal. Vol.1 No.3, 342-351. DOI: 10.56881/senada.v1i3.66.

Pangestu, A. D., dan Aribowo, A. (2023). Pengaruh Komponen Preferensi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), Vol. 7 No. 3, 813- 827. DOI: 10.31955/mea.v7i3.3405.

Pinto, T., dan Vilela, A. (2021). Healthy Drinks with Lovely Colors: Phenolic Compounds as Constituents of Functional Beverages. Beverages, Vol. 7, 1-21. DOI: 10.3390/beverages7010012.

Putra, J. I., dan Octavia, D. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol. 17 No. 2, 103-111. DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1065.

Supriandi, dan Iskandar, Y. (2022). Strategic Business Development of Polosan Mas Ibing with the Business Model Canvas Approach. Conference: International Conference on Economics, Management and Accounting (ICEMAC 2021), Advances in Economics, Business and Management Research, Vol. 207, 164-179. DOI: 10.2991/aebmr.k.220204.018.

Sterwalder, A., dan Pigneur, Y. (2013). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Hoboken, New Jersey.

Umar, A., Sasongko, A. H., Aguzman, G., Sugiharto. (2018). Business model canvas as a solution for competiting strategy of small business in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship, Vol. 22 No. 1, 1-9. DOI: 10.47672/ije.1939-4675-22-1-118.

Zott, C., Amit, R., & Massa, L. (2011). The business model: recent developments and future research. Journal of Management, Vol. 37 No. 4, 1019-1042. DOI: 10.1177/0149206311 406265.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2310-2328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.