MANAJEMEN STRES AKADEMIK BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 PONTIANAK

Yoga Pramana, M. Ali Maulana, Suhaimi Fauzan, Gabby Novikadarti Rahmah, Mita Mita, Cheryl Audrelia, Dina Fitriani, Fazrul Rofirullah

Abstract


Stres akademik adalah jenis stres yang timbul sebagai hasil dari tekanan yang terkait dengan tuntutan akademik yang tinggi. Hal ini sering dialami oleh siswa, baik di tingkat sekolah menengah, perguruan tinggi, maupun universitas. Stres akademik dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan mental dan fisik siswa. Diperlukan upaya manajemen stres dalam proses mengenali, memahami, dan mengatasi tekanan atau ketegangan yang timbul dari berbagai aspek kehidupan siswa serta penting bagi siswa untuk belajar mengelola stres akademik dengan cara yang sehat dan efektif. Pengabdian kepada Masyarakat ini telah selesai dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di Fakultas Kedokteran, Jurusan Keperawatan, Universitas Tanjungpura. Ditemukan bahwa sebanyak 16 orang (80%) dan sebanyak 4 orang (20%) responden yakni siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pontianak yang memiliki stres akademik tingkat sedang dan stres akademik tingkat berat dari total 20 orang responden perwakilan dari siswa kelas X dan siswa kelas XI. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan ialah pengisian kuesioner untuk melihat gambaran tingkat stres akademik, edukasi terkait manajemen stres akademik, kegiatan aktivitas fisik menyenangkan berupa permainan dan ditutup dengan diskusi dan tanya jawab.


Keywords


Academic Stress, Students, Stress Management, Mental Health, Community Service, Stres Akademik, Siswa, Manajemen Stres, Kesehatan Mental, Pengabdian Kepada Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197–208. https://doi.org/10.30653/001. 201712.14

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136

Diono Kusum, anggi. D. N. R. R. S. D. (2018). Full Day Dan Yang Tidak Full Day Di Man Tanah Bumbu Dan Man 3 Banjarmasin the Difference in Academic Stres Between Students Attending Full Day School and Students Not Attending Full Day School At Man Tanah Bumbu and Man 3 Banjarmasin Abstrak. Jurnal Kognosia, 1 1, 55–62.

Indriani, T. (2021). Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.1-6

Khafifah, K. A., Hasanah, U., & Zulfa, V. (2023). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Academic Performance Pada Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hamid. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 27–37. https://doi.org/10.21009/jkkp .101.03

Khaira, W. (2023). Faktor Penyebab Stres Akademik Siswa Remaja. Fitrah, 5(1), 123–135. http://ntb.bkkbn.go.id /?p=1467

Lembang, G. B., Huwae, A., & Siregar, R. M. (2022). Program Coping Mechanism untuk Mengelola Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19 ( Coping Mechanism Program for Managing Student Academic Stres During The COVID-19 Pandemic ). Devotion: Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(1), 1–10. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/Devotion/article/view/3315

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/ psikostudia.v10i1.5454

Mahmud, N. U., & Sharief, S. A. (2022). Pelatihan Senin Macrame Untuk Siswa SMP Dalam Membangun Kesehatan Mental Pasca Pandemi Di Desa Mangki Kabupaten Pinrang. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3595–3600. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index. php/martabe/article/view/8665

Putri, T. H., Fahdi, F. K., & Fujiana, F. (2022). Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Mental pada Remaja Melalui Edukasi Selama Wabah COVID-19. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(8), 2995–3000.

Rosanti, Purwanti, & Wicaksono, L. (2022). Studi Tentang Stres Akademik Pada Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 11(9), 1576–1583. https://doi.org/ 10.26418/jppk.v11i9.58102

Sari, E. Y., Arkhindah, L. N., Wahid, D., & Widiana, H. S. (2023). Mengurangi Stres Akademik Melalui Teknik Stabilisasi Emosi Pada Siswa Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Abdimas Galuh, 5(2), 1520. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11558




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1609-1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.