PENINGKATAN PERSONALITY DEVELOPMENT (GROWTH MINDSET, COMMUNICATION SKILL, ATTITUDE, DAN TEAMWORK): STUDI PADA GENERASI Z DALAM BERKARIR BIDANG BISNIS
Abstract
Dalam mendukung visi pendidikan Indonesia, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Terknologi mengeluarkan kurikulum merdeka belajar. Keterkaitan antara Profil Pelajar Pancasila (P5) serta Kurikulum Merdeka Proyek adalah program P5 jadi salah satu penerapan dari Kurikulum Merdeka yang berupaya buat menumbuhkan kepribadian serta nilai- nilai Pancasila pada partisipan didik. SMA Antartika merupakan salah satu SMA swasta di Sidoarjo yang ingin mendukung Kurikulum Merdeka, selain itu para guru juga merasakan kurangnya potensi siswa SMA Antartika Sidoarjo dalam aspek personality development terutama dibidang soft skill. Tim pengabdian masyarakat memberikan solusi dengan melakukan pelatihan terkait personality development yang menyangkut growth mindset, communication skill, attitude, dan teamwork. Pelatihan ini dilaksanakan pada 23 Januari 2024, berlokasi di aula SMA Antartika Sidoarjo dan diikuti oleh 80 siswa. Metode yang digunakan adalah presentasi, diskusi, dan melakukan evaluasi dari pengisian pre-test dan post-test. 100% peserta pelatihan menunjukkan kemampuan dalam menyerap ilmu dan materi yang dipaparkan oleh narasumber, terbukti dari adanya kenaikan hasil evaluasi pre-test dan post-test. Hasil evaluasi tersebut juga ditunjukkan dengan hasil uji t yang terbukti signifikan artinya pelatihan Personality Development ini memiliki pengaruh dan mengalami peningkatan pengetahuan setelah mengikuti pelatihan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Semina Nasional Seni Dan Desain: “Reinvensi Budaya Visual Nusantara,” September, 401–406.
Databooks. (2022). Proporsi Pemuda yang Bekerja Berdasarkan Tingkat Pendidikan (Agustus 2022), persen. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/19/pemuda-bekerja-lulusan-sma-lebih-banyak-dibanding-tamatan-perguruan-tinggi
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022).
Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan
Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Dwi Nur Rahmah, D., Trialisa Putri, E., & Pinasthi Putri, A. (2021). Menghadapi Revolusi Industri 4.0: Personality Development Training untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 13(2), 111–124. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art2
Fitrani, L. D. (2023). Jurnal Pengabdian UNDIKMA : Pemanfaatan Social Media Marketing Tools Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM Laqma
Dica Fitrani *, Yudha Herlambang C . P ., Nurul Hasanah U . D ., Linda Purnamasari , Gunasti Hudiwinarsih , Abdullah Khoir Riqqoh Program Studi. 4(3), 563–571.
Fitrani, L. D., Hafidz, M. Al, Karyawan, M. A., Hayam, U., Perbanas, W., Hayam, U., Perbanas, W., Hayam, U., & Perbanas, W. (2023).
Implementation Of Interactive Learning Media And Utilization Of Technology By Using The Wordwall. 6(3).
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id.
Khosiyatika, K., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. … on Islamic Education, 3, 75–82. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/572
Maharani, A. I., Isharoh, & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Mulyadi, M., Sudianto, S., & Fadlilah, A. H. (2023). Peningkatan Personality Development dan Keterampilan Komunikasi Bagi Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 806–811. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.18805
Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Pneida Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik, 5(2), 25–38.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1359-1365
Refbacks
- There are currently no refbacks.