PEMBERDAYAAN UMKM BATIK MELALUI EDUKASI PEMASARAN DIGITAL

Halimatus Sa`diyah, Zhuvido Anliwiarta, Efriant Adam Surya, Jinan Naurah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi pemasaran digital dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan mengambil sampel UMKM Batik di Desa Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap pemilik UMKM Batik Bambu Kenanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi pemasaran digital cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan UMKM Batik Bambu Kenanga. Selain itu, edukasi pemasaran digital juga membantu UMKM Batik untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness.

Keywords


Digital marketing, UMKM Pemasaran digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


Hakim, Lutfi Maulana. "Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia." Nation State: Journal of International Studies (NSJIS) 1.1 (2018): 60-89.

Fuadi, Debi S., Ade Sadikin Akhyadi, and Iip Saripah. "Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial." Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 5.1 (2021): 1-13.

Wibowo, D. H. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). 29(1), 59–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1723-1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.