PEMBERDAYAAN UMKM BATIK MELALUI EDUKASI PEMASARAN DIGITAL
Halimatus Sa`diyah, Zhuvido Anliwiarta, Efriant Adam Surya, Jinan Naurah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi pemasaran digital dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan mengambil sampel UMKM Batik di Desa Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap pemilik UMKM Batik Bambu Kenanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi pemasaran digital cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan UMKM Batik Bambu Kenanga. Selain itu, edukasi pemasaran digital juga membantu UMKM Batik untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness.
Keywords
Digital marketing, UMKM Pemasaran digital, UMKM
References
Hakim, Lutfi Maulana. "Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia." Nation State: Journal of International Studies (NSJIS) 1.1 (2018): 60-89.
Fuadi, Debi S., Ade Sadikin Akhyadi, and Iip Saripah. "Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial." Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 5.1 (2021): 1-13.
Wibowo, D. H. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). 29(1), 59–66.
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1723-1729
Refbacks
- There are currently no refbacks.