PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA YANG TERHIMPUN DI DALAM FORUM UMKM KABUPATEN AGAM

Chitra Indah Sari, Nofrivul Nofrivul, Syukri Iska, Himyar Parizal, Mirawati Mirawati, Khairul Marlin, Khairulis Shobirin, Yeni Melia

Abstract


Dalam menghadapi era 5.0, UMKM perlu bersiap diri harus mengubah strategi pemasaran produk mereka untuk menggunakan media sosial karena pergeseran dari pemasaran tradisional ke teknologi pemasaran. Dengan demikian, banyak usaha kecil dan (UMKM) yang masih belum memiliki pemahaman perlu meningkatkan pemahaman mereka tentang teknologi pemasaran. Oleh karena itu, sasaran Konsorsium Manajemen ini memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM mengenai teknik pemasaran digital melalui media sosial. Peserta Pengabdian Konsorsium Manajemen terdiri dari 50 pelaku UMKM di kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, yang tidak memiliki pengetahuan tentang sistem digital marketing untuk pemasaran. Metode Pengabdian Konsorsium Manajemen melibatkan ceramah, diskusi, dan pelatihan secara langsung. Dampak dari keikutsertaan ini adalah para peserta memperoleh pengetahuan tambahan tentang digital marketing, termasuk pemahaman tentang apa itu teknologi pemasaran, jenisnya, dan bagaimana dapat digunakan untuk mempromosikan produk UMKM. Mereka juga dapat membuat caption dan gambar untuk mendukung postingan produk mereka dalam akun seperti Instagram, TikTok, dan lainnya yang bersifat persuasif.


Keywords


Tekonologi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alwendi, A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 135–143.

Arie Susanto, D., Anugrah, S., Rahmaliya, R., & Haris, O. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Desa Caringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.52005/abdiputra.v1i2.88

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Devi, C., & Rusma Maulidasari. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73.

Fadila, A., Sholihah, D. R., & Nugraheni, S. (2021). Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital pada pelaku UKM Kecamatan Ciomas Bogor. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 221. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.782

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Rofiq, A., Anggraeni, R., Rabbani, F. R., & Aulia, A. (2023). Peningkatan Kapasitas UKM Kab . Malang Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pemasaran Digital Enhancing The Capacity of Malang Regency SME through Financial Management and Digital Marketing Training. 2(2), 164–169.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1160-1165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.