PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Wati Sukmawati, Rahmiati Rahmiati

Abstract


Rendahnya kesadaran terhadap literasi di Indonesia tercermin dalam peringkat rendah negara ini dalam survei UNESCO dan PISA, menempatkannya di peringkat 60 dari 61 dan 74 dari 76 negara, secara berturut-turut. Minat membaca rendah, terutama di kalangan siswa, dapat mengurangi mutu pendidikan, terutama selama pandemi Covid-19 di mana siswa cenderung lebih memilih bermain game daripada membaca. Dampak negatif penggunaan teknologi oleh siswa, yang mengurangi waktu untuk membaca, menjadi tantangan bagi orang tua dan sekolah. Observasi di SDN 04 Rambutan, Jakarta Timur, menunjukkan rendahnya minat membaca siswa, terutama setelah pandemi, dengan kemajuan teknologi di pulau belum dimanfaatkan sebaiknya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat diarahkan untuk meningkatkan minat baca siswa, terutama melalui kegiatan pendampingan membaca, dengan harapan mengembangkan literasi membaca, kreativitas, imajinasi, dan pengetahuan siswa serta mendorong penggunaan teknologi dengan bijak sebagai alat untuk membaca ilmu pengetahuan.


Keywords


Literasi membaca, Sekolah Dasar, pendampingan.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text ( CCT ) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Carl, N., Cofnas, N., & Michael, A. W. of M. (2016). Scientific literacy, optimism about science and conservatism. Personality and Individual Differences, 94, 299–302. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.01.046

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185

Lee, L. S., Lee, Y. F., Altschuld, J. W., & Pan, Y. J. (2015). Energy literacy: Evaluating knowledge, affect, and behavior of students in Taiwan. Energy Policy, 76, 98–106. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2014.11.012

Nedungadi, P. P., Menon, R., Gutjahr, G., Erickson, L., & Raman, R. (2018). Towards an inclusive digital literacy framework for digital India. Education and Training, 60(6), 516–528. https://doi.org/10.1108/ET-03-2018-0061

Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951

OECD. (2018). PISA. Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W. (2018). Sosialisasi Zat Aditif dan Adiktif pada Makanan melalui Literasi Sains untuk Siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 240. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1165

Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W., & Merina. (2019). Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPKM), 25(4), 210–215.

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W., & Sunaryo, H. (2021). Pendampingan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) Minuman Serbuk Jahe Instan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 401–406. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.5809

Sukmawati, W., Sunaryo, H., & Heriansyah, D. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI Produksi Dan Strategi Pemasaran Pada Umkm Jahe Instan Jm Hamka. 4, 833–839.

Wahjusaputri, S., Sukmawati, W., Nastiti, T. I., & Noorlatipah, V. (2022). Strengthening teacher pedagogical literacy after the Covid-19 pandemic in vocational secondary education in Banten Province. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.47119




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.579-584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.