PEMBERDAYAAN PENJAHIT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DESA MEUNASAH MEUCAP KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Zuriani Ritonga, Irne Aryanie, Zulfikar Zulfikar, Cut Santika

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan penting terhadap perekonomian masyarakat di Indonesia. Salah satunya yaitu sebagai akses terhindar dari jurang kemiskinan. Melalui data dari Dinas Koperasi dan UMKM saat ini Kabupaten Bireuen memiliki 6.997 UMKM. di Desa Meunasah Meucap terdapat beberapa usaha jahit rumahan. Dalam usaha menjahit terdapat berbagai kendala yang dihadapi mitra yaitu kendala dari aspek produksi usaha, aspek pembukuan dan laporan keuangan serta aspek pemasaran dan promosi. Produksi usaha yang dilakukan selama ini masih tergolong tidak rapi dan kurang menarik. Kekurangan perlengkapan produksi juga menjadi kendala dalam hal iniMelalui kegiatan sosialisasi maka solusi yang diberikan kepada mitra adalah mitra didampingi dalam penataan layout usaha agar terlihat rapi dan bersih. Hal ini berdampak pada kenyamanan penjahit dan pelanggan sendiri. Disamping itu mitra juga didampingi dalam pengadaan lemari penyimpanan hasil jahitan. Mitra juga didampingi dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan untuk usaha. Selanjutnya, mitra didampingi untuk menggunakan digital marketing sebagai promosi penjualan seperti, facebook, instagram, tiktok dan youtube. Promosi melalui papan nama, google map dan link google juga diperlukan agar memudahkan pelanggan dalam mencari tempat usaha.


Keywords


Pemberdayaan, Penjahit, ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, L. P. S., Edwar, E., & Suniantara, I. K. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Usaha Jasa Penjahit Kebaya di Kecamatan Belahbatuh, Bali. Community Empowerment, 6(3), 426–431.

Restiana, R. (2022). Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) Melalui Program Pendampingan Kelompok Usaha Menjahit di Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Sari, A. P., Pelu, M. F. A. R., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., Marit, E. L., Killa, M. F., Purba, B., & Lifchatullaillah, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Sari, D. A., & Widodo, A. (2021). PENDAMPINGAN MANAJEMEN DAN PENGUATAN USAHA PADA TKM GANGSAR DESA KUMENDUNG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG. Buletin Abdi Masyarakat, 2(1).

Ulumi, H. F. B., & Sukirno, A. (2022). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE) MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN KELOMPOK USAHA MENJAHIT DI KELURAHAN PAGADUNGAN, KECAMATAN KARANG TANJUNG, KABUPATEN PANDEGLANG. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 324–345.

Winarso, W., & Kusumawati, R. (2019). Pendampingan Manajemen Usaha Penjahit “Atmia Karya.” Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4243-4250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.