PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU MATEMATIKA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Cecilia Novianti Salsinha, Chatarina Enny Murwaningtyas, Marcellinus Andhy Rudhito, Hongki Julie, Amsikan Stanislaus, Selestina Nahak, Hendrika Bete

Abstract


Peluncuran Kurikulum Merdeka di Indonesia telah menandai perubahan penting dalam sektor pendidikan, khususnya bagi para guru matematika di Kabupaten Timor Tengah Utara. Tantangan baru dan peluang untuk pengembangan profesional ini menuntut pemahaman yang lebih mendalam tentang kurikulum dan adaptasi metode pengajaran yang sesuai. Untuk mendukung transisi ini, sebuah program pelatihan khusus telah dirancang, bertujuan untuk memperdalam pemahaman guru tentang berbagai aspek Kurikulum Merdeka dan meningkatkan keterampilan praktis mereka dalam penerapannya. Melalui diskusi interaktif dan tugas-tugas kreatif, fokus pelatihan diberikan pada pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul pembelajaran yang inovatif, mendorong pendekatan pengajaran yang lebih efektif dan kreatif. Hasilnya, terlihat peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk menerapkan strategi dan metode yang diajarkan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik. Kemajuan ini tidak hanya memperkuat keterampilan pedagogis guru tetapi juga meningkatkan kualitas pengalaman belajar siswa, memberikan dampak positif pada pengajaran matematika secara umum.


Keywords


kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran inovatif

Full Text:

PDF

References


Dasor, Y. W. (2021). Problematika Penerapan Kurikulum 2013: Studi Kasus Di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 71–78.

Dwiningsih, K., Maharani, D. K., Savitri, D., Alya, A., Isaloka, I., & Erlangga, M. D. (2023). Pelatihan Pembuat Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasi Project Based Learning (PjBL) Bagi Guru SMA Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1920–1933.

Gusmawan, D., & Herman, T. (2023). Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 83–92.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646.

Hanif Evendi, Yossie Rosida, & Dani Zularfan. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Khikmiyah, F., Huda, S., Yunita, N., Program, ), Pendidikan, S., Guru, P., & Keguruan, F. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Untuk Guru Paud di Kabupaten Gresik. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 2082–2091.

Kurnia, T., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1811–1816.

Muliani, F., Saumi, F., Fadhelina, N., & Amalia, R. (2023). Pembinaan Guru Sd Kota Langsa Melalui Inovasi Media Canva Sebagai Upaya Mendukung Digitalisasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(10), 3686–3693.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.

Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.

Siregar, E. F. S., Apriadi, B., Efendi, S., Sibarani, K., Mayarani, D., Samirah, S., & Siregar, J. (2023). In House Training (IHT): Penguatan SDM Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Program Sekolah Penggerak. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(11), 4157–4164.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.204-214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.