MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMK TIRTA KENCANA BEKASI MELALUI CERDAS CERMAT

Eva Fauziana, Atika Rahmi, Puti Khairani Rijadi, Octa Nilam Lukkita Aga, Ria Fitria Andriani, Yeniasari Rizkia Budi, Muhammad Ridwan, Irma Marlita Dewi, Ananda Putri Maharani, Feby Eriandi

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kampus Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi yang dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2023 dan pelaksanaannya antara lain dilaksanakan oleh Kelompok 1 ini mengangkat tema permainan edukasi cerdas cermat sebagai kegiatan yang menyenangkan siswa sekaligus dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di SMK Tirta Kencana – Bekasi Timur Ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa, sehingga dapat membantu mereka untuk terus berkembang selepas lulus SMK, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dan meningkatkan taraf hidup kesejahteraaan generasi muda di Kota Bekasi pada umumnya.


Keywords


self efikasi, motivasi berprestasi, permainan edukasi, siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Aditiya, F. and Mesran, M. (2022) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode ROC dan WP’, Jurnal Riset Teknik Informatika dan Data …, 1(1), pp. 14–20. Available at: https://ejurnal.pdsi.or.id/index.php/jurtidas/article/view/32%0Ahttps://ejurnal.pdsi.or.id/index.php/jurtidas/article/download/32/20.

Agung, E.A., Samsi, A.N. and Fatwa, I. (2020) ‘Penggunaan Aplikasi Cerdas Cermat SMP Sebagai Media Game Edukasi’.

Fu, W. et al. (2022) ‘Examining the relationship of empathy, social support, and prosocial behavior of adolescents in China: a structural equation modeling approach’, Humanities and Social Sciences Communications, 9(1). Available at: https://doi.org/10.1057/s41599-022-01296-0.

Handayani, S. and Sholikhah, N. (2021) ‘Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), pp. 1373–1382. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/553.

Hidayat, A. and Perdana, F.J. (2019) ‘Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon’, Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), p. 1. Available at: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.824.

Kodden, B. and Universiteit, N.B. (2020) ‘Chapter 5 . The Impact of Self- efficacy’, 12(July), pp. 418–426.

Lailatus Sa, L. et al. (no date) ‘Penerapan Cerdas Cermat Ceria Untuk Meningkatkan Pengetahuan Numerasi Dan Numerik Siswa SD Negeri Sidobandung 1 Dan SD Negeri Sidobandung 2’, 01(01), pp. 6–10. Available at: https://journal.edupartnerpublishing.co.id/index.php/dedikasi.

Mochtar, J. and San, G.S. (2020) ‘Challenges in Quality Assurance: A Ten-Year Journey’, SHS Web of Conferences, 76, p. 01016. Available at: https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601016.

Oktariani (2018) ‘Peranan Self Efficacy dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Kognisi Jurnal, 3(1), pp. 45–59. Available at: http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492.

Shofiyani, A. et al. (2023) ‘Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo’, 4(1).

Weblog, B. et al. (2022) ‘Journal of Natural Science Learning’, 01(01), pp. 46–53.

Wiwin Fachrudin Yusuf, S.I.S. (2022) ‘Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cerdas Cermat Agama Islam di SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pasuruan’, Journal Multicultural of Islamic Education, Volume 6(1), pp. 4–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4642-4649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.