SOSIALIASI PENGAPLIKASIAN ANIMATION MATHBOOK DEAF AND MUTE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA PENYANDANG TUNA RUNGU WICARA DI SLB YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN ISLAM

Nur ‘Afifah, Yayang Yasinta, Ilham Umair, Sylvi Agustin, Khairuni Afriza

Abstract


PKM ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi pengaplikasian Animation Mathbook Deaf and Mute Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di Yayasan SLB ABC Taman Pendidikan Islam bahwa numerasi siswa di yayasan tersebut masih rendah, karena buku yang diberian pemerintah terlalu rendah terhadap kemampuan peserta didik di yayasan tersebut dan buku matematika yang normal terlalu tinggi bagi anak tuna rungu wicara di sekolah tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan buku yang sesuai dengan kemampuan anak tuna rungu wicara di Yayasan SLB ABC Taman Pendidikan Islam. Sosialisasi pengaplikasian diikuti oleh 10 peserta didik penyandang tuna rungu wicara, 1 guru penyandang tuna rungu wicara dan kepala sekola Yayasan SLB ABC Taman Pendidikan Islam.  


Keywords


Tuna Rungu Wicara, Animation Mathbook Deaf and Mute, Permasalahan.

Full Text:

PDF

References


Ana Monika Guinet, A. C. (2023). Proes Pembelajaran Matematika Pada Anak Tuna Rungu Materi Kubus dan Balok di SLB NEGERI SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 10-23.

Hasmira, H. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Tuna Rungu Kelas Dasar III DI SLB YPAC Makassar Fip.

Linda, L. &. (2021). Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunarungu dan Wicara dalam Pembelajaran Matematika Dasar di SKh Kabupaten Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 09-22.

Norifumi Aisyah Muhammad Amin, Farid Pribadi. (2022). Urgensi Bahasa Isyarat dalam Pendidikan Formal Sebagai Media Komunikasi dan Transmisi Informasi Penyandang Disabilitas Rungu dan Wicara. Jurnal Sosialisasi, 77.

Satyani, I. S. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Animasi Bahasa Isyarat untuk Anak Disabilitas Tuna Rungu Usia 5-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 10.

Suherman, R. H. (2016). kemampuan komunikasi matematis siswa tuna rungu pada pembelajaran matematika di SMPLB-BPKK Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif, 73-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4388-4395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.