PELATIHAN PENCIPTAAN TARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOMPOSISI TARI DI SANGGAR SMA NEGERI I KABUPATEN SIAK

Yahyar Erawati, Zulrafli Zulrafli, Hengki Satria, Annisa Rubyyan Ardelia, Febriana Fernandes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi seni tari siswa SMA Negeri I Kabupaten Siak melalui pelatihan penciptaan tari dengan menerapkan metode komposisi tari. Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang kaya akan ekspresi, dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses penciptaan tari kepada siswa. Metode pelatihan ini akan mencakup sejumlah tahap, termasuk pemahaman dasar tentang gerakan tari, pengenalan konsep komposisi tari, pemilihan tema atau narasi untuk tarian, dan pengembangan koreografi. Siswa akan diberikan pemahaman tentang pentingnya ekspresi diri dalam tarian serta bagaimana menggabungkan gerakan dengan makna yang mendalam. Selama pelatihan, akan ada juga sesi praktik di mana siswa akan menciptakan tarian mereka sendiri berdasarkan konsep dan tema yang telah mereka pilih. Mereka akan dibimbing oleh instruktur tari yang berpengalaman dalam merancang koreografi. Selain itu, akan ada sesi kritik dan umpan balik untuk membantu siswa memperbaiki dan mengembangkan karya mereka. Hasil dari pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman siswa tentang seni tari, mengembangkan kreativitas mereka dalam menciptakan tarian, dan meningkatkan apresiasi mereka terhadap seni budaya. Selain itu, pelatihan ini juga dapat menjadi landasan untuk mengembangkan bakat tari di kalangan siswa SMA Negeri I Kabupaten Siak dan memperkaya budaya seni di daerah tersebut.

Keywords


Penciptaan Tari, Metode Komposisi Tari, Seni Tari, SMA Negeri I Kabupaten Siak.

Full Text:

PDF

References


Hadi Sumandiyo 2021. Koreografi, Bentuk ,Teknik , lsi . Yogyakarta ; Cipta Media2012 . ISBN-13:978-602-97792-4-0

Hadi Sumandiyo.2003. Mencipta Lewat Tari. 2003 MANTHILI YOGYAKARTA Gedongkiwo Mj 1/965 Yogyakarta .

Hartono dan Wuryaningrum Any . 2018. Teknik Analisis Pembelajaran Tari: Lontar Media Tama Yogyakarta Cendrawaih Maguwo no216 D Bangun Tapan Bantul Yogyakarta.

_______ 2018. Model Pembelajaran Tari Anak Usia Dini : Lontar Media Tama Yogyakarta Cendrawaih Maguwo no216 D Bangun Tapan Bantu! Yogyakarta.

Murgianto Sal 1983. Koreografi . Pengetahuan Dasar Komposisi Tari : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Mengah . Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Soedarsono, 2002. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi, Yogyakarta: Gadjah Mada




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4660-4666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.