PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR KODING PADA SDN SEMANGAT DALAM 1 KAB. BARITO KUALA

Ayu Ahadi Ningrum, Finki Dona Marleny, Aulia Fitri

Abstract


Dalam mengimbangi kemajuan teknologi maka kita dituntut untuk ikut berkembang dengan mempelajari berbagai keterampilan baru. Salah satu keterampilan baru yang dimaksud secara lebih spesifik adalah tentang seni mengolah berbagai bahasa pemrograman dengan menggukan serangkaian instruksi yang logis. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 bertempat di SD Negeri Semangat Dalam 1. Jumlah seluruh peserta kegiatan ini adalah 25 peserta yang terdiri atas para Guru SD. Metode yang digunakan adalah presentasi dan cooperative learning dengan aplikasi Scratch. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 88% peserta menunjukkan materi terkait aplikasi Scratch mudah. Serta 96% peserta merasa bermanfaat terhadap materi yang disajikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini. Dengan kegiatan pengabdian yang sudah selesai dilaksanakan di SDN Semangat Dalam 1 Kab. Barito Kuala diharapakan dapat menambah pengetahuan baru serta mengasah logika berfikir peserta melalui pengenalan dan praktek membuat latihan game sederhana.


Keywords


koding, logika, pemula, scratc

Full Text:

PDF

References


Muklason, A., Riksakomara, E., & Mahananto, F. (2023). Coding for Kids: Pengenalan Pemrograman untuk Anak Sekolah Dasar sebagai Literasi Digital Baru di Industri 4.0. SEWAGATI, 393-404.

Nurramdhani Irmanda, H., & Chamidah, N. (2022). Pengenalan Pemrograman Menggunakan Scratch bagi Siswa Sekolah dan Rumah Yatim Mizan - Kota Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Komputer (ABDIKOM), 33-43.

Harianti Hasibuan, L., & Jannah, M. (2023). Pelatihan Desain Soal Literasi Matematika Dengan Injeksi Computational Thinking Untuk Guru Madrasah Di Sumatera Barat. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 773-782.

Wandri, R., & Daulay, S. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 14-18.

Umam Syaliman, K., & Resty Ramadhani, S. (2023). Workshop Pengenalan Aplikasi Scratch Sebagai Penunjang Pemahaman Materi Computational Thinking Untuk Siswa-Siswi MAN 2 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 19-23.

Zuhair Zahid, M., & Rachmani Dewi, N. (2021). Scratch Coding for Kids: Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking dan Computational Thinking pada Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 476-486.

Adi Suryanto, A., & Arifia, A. (2022). Pelatihan Pengenalan Coding Bagi Guru SD Menggunakan Scratch Jr. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 117-119.

M. Nishom, & Wiro Sasmito, G. (2023). Pengenalan dan Pemanfaatan Ilmu Coding untuk Melatih Kemampuan Berpikir bagi Guru dan Peserta Didik. JPP IPTEK, 63-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4107-4112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.