RANCANG BANGUN ELECTRONIC LOAD CONTROLLER (ELC) PADA EMULATOR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO

Rifqy Assariy Victory, Kharisma Bani Adam, Jangkung Raharjo

Abstract


Sumber Daya Energi Terbarukan (EBT) yang memanfaatkan air adalah Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro (PLTPh), yang cocok untuk daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik nasional. Namun, PLTPh menghadapi beberapa tantangan, termasuk masalah lokasi yang sulit diakses, biaya pembangunan yang tinggi, dan kekurangan tenaga kerja terampil di bidang tersebut. Untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja terampil di bidang PLTPh, salah satu solusi yang dapat diimplementasikan adalah pengembangan "Emulator PLTPh." Emulator PLTPh adalah simulasi interaktif yang memungkinkan masyarakat umum, termasuk pelajar, untuk mempelajari sistem, cara kerja, dan fungsi dari Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro. Emulator PLTPh akan memberikan informasi tentang prinsip dasar operasi PLTPh, komponen yang diperlukan, dan cara mengatur produksi listrik sesuai permintaan.

Salah satu bagian dari emulator PLTPh adalah Electronic Load Controller (ELC), sebuah perangkat yang dapat mengalihkan energi berlebih yang dihasilkan oleh generator ke beban komplementer jika penggunaan beban utama lebih rendah, untuk menjaga frekuensi pada 50 Hz. Emulator ini akan menyediakan platform yang aman dan terkendali untuk menguji berbagai skenario tanpa perlu mengoperasikan sistem sebenarnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah agar emulator ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dengan cara meningkatkan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi para mahasiswa. Selain itu, penggunaan emulator ini diharapkan dapat membantu peningkatan dan efisiensi sistem PLTPh menggunakan selokan untuk pengairan sawah dan kebun sayuran dan mengaplikasikannya untuk lampu penerangan jalan di Kec. Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


Keywords


Emulator, Electronic Load Controller, frekuensi, EBT, Piko hidro

Full Text:

PDF

References


Muhammad Ibrahim, I. D. (2020). Rancang Bangun Prototipe PLTPh Sebagai Listrik Penerangan, 64.

Syawari, A., & Warmi, Y. (2022). PERENCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO (PLTPH). (3), 641.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4047-4053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.