EDUKASI MANAJEMEN SAMPAH RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN HANDICRAFT BERBASIS SAMPAH ANORGANIK PADA KELOMPOK PKK DRIEN RAMPAK ACEH BARAT

Agustinur Agustinur, Dewi Junita, Sumeinika Fitria Lizmah

Abstract


Desa Drien Rampak merupakan salah satu desa di Kecamaan Johan Pahlawan yang terletak di wilayah pusat pemerintahan dan perekonomian kabupaten Aceh Barat. Keberadaan desa ini yang terletak di pusat pemerintahan dan perekonomian menyebabkan jumlah konsumsi rumah tangga semakin banyak dengan berbagai macam aktivitas sehingga berdampak terhadap penumpukan sampah rumah tangga yang banyak pula. Namun pengelolaan sampah di desa Drien Rampak belum optimal dilakukan, sehingga perlu dilakukan pemberdayaan terkait manajemen sampah rumah tangga serta praktik pemanfaatan sampah rumah tangga khususnya pada Kelompok PKK  desa Drien Rampak.  Kegiatan pemberdayaan di lakukan di kantor Keuchik desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan dari juni sampai dengan September 2023. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas dua tahapan yaitu tahap persiapan yatu koordinasi dengan mitra, tahapan pelaksanaan edukasi dan praktik pembuatan handicraft berbahan dasar sampah anorganik rumah tangga. Keberhasilan kegiatan akan diukur dengan metode survey menggunakan instrumen kuesioner, data hasil survey disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptif. Kegiatan edukasi manajemen sampah rumah tangga dan pelatihan pembuatan handicraft pada kelompok PKK desa Drien Rampak berlangsung dengan baik, berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa dengan terlaksananya kegiatan pemberdayaan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada peserta kegiatan baik dari aspek sikap, pengetahuam maupun keterampilan

Keywords


Desa Drien Rampak, Kelompok PKK, Manajemen sampah, Praktik handicraft

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, Y. Yusuf, M.N. Tamalene dan M. Sabar. 2022. Investigasi Pengetahuan Dasar Tentang Bahaya Sampah Plastik pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau Maitara, Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (20): 87-96.

BPS Aceh Barat. 2022. Kecamatan Johan Pahlawan dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Barat: Meulaboh.

Direktorat Bantuan Sosial. 2007. Pedoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan dan trauma center, (Jakarta: Departemen Sosial ).

Kementrian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia (2021). Panduan Praktis pemilihan sampah. Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Japan International Coopaeration Agency. 14p.

Kurniaty, Y., W.H.B. Nararaya, R.N. Turawan dan F. Nurmuhamad. 2016. Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Magelang. Varia Justicia. 12 (1): 135-150.

Marliani, N. 2014. Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Formatif 4(2): 124-132, 2014.

Maulitia, Z.T., M.R. Baruna, C.D. Darmawan, N. Fadhilah, R.A. Pamungkas, F. Nurmalisa, A. Salsabila, D.BP. Djauhari, S.N.Hasanah, K.D.R. Rayusny dan M. Baihaqi. 2022. Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik SebagaiSalah Satu Upaya Pengelolaan Sampah di Desa Deles, Batang. 4 (2): 179 – 187.

Rismelia, Y., D. Djalal, K. Zaman, Misbahuddin dan B. Yulianto. 2022. Analisis Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik di Pasar Rakyat Agus Salim Kota Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Olah Raga dan Kesehatan. 3 (1): 545 – 553.

Suseno, A.A., N. U. Albab dan S. Martadireja. 2020. Manfaat Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik Melalui Media Buku Ilustrasi Anak. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya. 4 (1): 48-53.

Yanti, Y. E., H.Rustantono, H., Rasyid., A. Wibowo., T., Nur. 2023. pendampingan pengelolaan sampah menuju rumah minim sampah di desa karangsari EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat(e-ISSN. 2964-139X)Vol. 2No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4009-4015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.