PROMOSI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM KELURAHAN GANTING KOTA PADANG PANJANG

Syukri Iska, Himyar Pasrizal, Nofrivul Nofrivul, Mirawati Mirawati, Khairul Marlin, Khairulis Shobirin, Yeni Melia, Chitra Indah Sari

Abstract


Kegiatan pemasaran adalah hal yang sudah tidak asing bagi pelaku bisnis, saat ini kegiatan pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial yang bisa menjangkau banyak penikmat bisnis sehingga bisnis yang ada bisa berkembang dengan pesat. Salah satu UMKM yang mengembangkan bisnisnya adalah Serambi Milk Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang dan bergerak dalam industri pengolahan susu sapi perah yang dipimpin oleh Ridwasyah S. E. Pola pemasaran yang dilaksanakan perlu adanya perubahan ke era digital yang bertujuan untuk memperbesar jaringan pemasaran sehingga produk usahanya bisa dikenal banyak orang, selain itu UMKM Serambi Milk ini belum memahami manajemen pengelolaan keuangan dengan baik dalam menjalankan bisnis sehingga tatanan keuangan masih berantakan. Hasil pelaksanaan yang dilakukan dalam pengabdian saat ini adalah memberikan pelatihan promosi pemasaran melalui media sosial terutama instragram sehingga bisa meningkatkan segmen pasar yang lebih luas, selain itu juga memberikan pelatihan dalam pengelolaan manajemen keuangan agar pengelolaam keuangan bisnis tersebut lebih terarah untuk kebaikan bisnis pada masa yang akan datang.


Keywords


sosial media, pemasaran, serambi milk, pengelelolaan keuangan

Full Text:

PDF

References


Ariadin, M., & Safitri, T. A. (2021). Perilaku Manajemen Keuangan Pada Umkm Sentra Kerajinan Kayu Di Kabupaten Dompu. Among Makarti, 14(1), 31–43.

Dewa, W. A., Dwi Mumpuni, I., & Rahmawati, L. S. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Branding pada Mitra Anugrah Jaya untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Aneka Keripik “Extra Delicious.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 918–924.

Handayani, M. A., Amalia, C., & Sari, T. D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Batik di Lampung). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 647–660.

Literasi, P., Terhadap, K., Dan, K., Umkm, K., & Kota, D. I. (2017). Rahayu et al (2017)PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN. 5(2016).

Philp, K. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi dan Pengendalian. 1(3), 89

.

Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Oktaviani, F., & Amran, A. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Calief Melalui Implementasi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 218–224. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Setiawan, B., & Fadillah, A. (2020). Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 29–36.

Tambpubolon, M, & Rahmadani, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM di Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis, dan Teknologi (AMBITEK), 2(1), 70-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.3886-3892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.