PARTISIPASI MAHASISWA KKN 29 UINSU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI SPIRITUALITAS BERBASIS PENDIDIKAN DI DESA KESATUAN, KECAMATAN PERBAUNGAN, KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Weyni Iskandaria, Shafiki Hattaradzani, Yuka Fadhilla, Nur Diana, Nur Helmilia Putri, Rizky Sabirin, Abdi Mubarok Syam

Abstract


Program pengabdian yang ditujukan bagi sekelompok mahasiswa dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang secara nyata didapat dan dilaksanakan secara langsung di lapangan, yang nantinya menciptakan pengembangan suatu ilmu bagi mahasiswa. Lokasi yang telah ditentukan untuk kelompok KKN 29 ini bernama Desa Kesatuan, yaitu salah satu desa yang terletak di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Permasalahan yang ditemukan di lokasi yaitu kurangnya penerapan nilai-nilai spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak. Pelaksanaan program pengabdian ini didasarkan pada agama dan pendidikan. Setiap pelaksanaan prokja, mahasiswa sebisa mungkin menerapkan nilai-nilai spiritualitas didalamnya. Hal ini terjadi di perlombaan dan juga pawai obor yang dilakukan bersama dengan anak-anak dan remaja masjid desa Kesatuan. Hasil yang diterima masyarakat bernilai positif, bahkan warga lainnya juga ikut serta serta menyaksikan kegiatan yang kami lakukan. Antusias yang diberiakan anak kepada kami juga bernilai positif, hal ini disebabkan karena mahasiswa menggunakan bahasa yang santun dan bersikap baik kepada anak-anak. Kegiatan ini berdampak baik  bagi anak-anak, seperti sholat berajama'ah di masjid dan mengaji di masjid.


Keywords


KKN, mahasiswa, pendidikan, keagamaan, spiritualitas

Full Text:

PDF

References


Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Arslan, H. (2018). An Introduction to Education. United Kingdom: Cambridge Scholars Publishing.

Balkis, Q., Saadah, N. & Rashidi. (2017). The Effect of Islamic Work Ethics on Job Satisfaction in Organization; A Study in Sekolah Rendah Islam Indera Mahkota (Sri Abim), Kuanta. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship, 1(3): 46–61.

BP, A.R., Munandar, S.A., Fitriani, A., Karlina, Y. & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1): 1-8.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1): 21-46.

Moore, T. W. (2010). Philosophy of Education: An Introduction. New York: Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1108/eb016334

Nasrah, N. & Elihami, E. (2021). The Importance of Awareness and Education in Muhamadiyah University of Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1): 120-126.

Paloutzian, R.F. & Park, C.L. (2005). Handbook of the psychology of religion and spirituality. New York: The Guilford Press.

Pargament, K.I. (2007). Spirituality integrated psychotherapy: Understanding and addressing the sacred. New York: The Guilford Press.

Suheri, Ginting, F.I.P. & Muniruddin. (2021). Sosialisasi Masyarakat Mahasiswa KKN 26 UIN SU Medan Bidang Pendidikan dan Moderasi Beragama di Tengah Pandemi Covid-19 di Lingkungan 12 Kec. Medan Maimun Kelurahan Sei Mati. Jurnal Edumaspul, 5(2): 8-14.

Thaharah, A., Putri, D.A., Maruhawa, I.H. & Lubis, F.A. (2022). Kontribusi Mahasiswa KKN 36 UINSU dalam Mengeskalasi Kualitas Desa Pantai Labu Baru, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang Berbasis Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Informasi dan Teknologi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(4): 48-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3348-3356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.