PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK ISLAMIYAH SERUA DEPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIGITAL BIDANG PEMASARAN

Sindy Yulia Putri, Yuliani Widianingsih, Nurfarah Nidatya, Bastian Chandra, Fariezka Safa Salsabila, Nurul Alya Maulida

Abstract


Mitra PKM merupakan Yayasan YADAMI yang menaungi SMP-SMK Islamiyah Serua Depok di Jalan Serua Raya No.23 Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, 16517. PKM akan khusus dilaksanakan dengan target sasaran yaitu siswa jurusan pemasaran di SMK Islamiyah Serua Depok. Setelah tim PKM berinteraksi dan berbincang-bincang dengan ketua yayasan dan para guru, ternyata siswa-siswa di SMK Islamiyah Serua Depok masih belum memahami dengan baik digital marketing dan kemampuan dalam mengoperasionalkan media digital untuk mengoptimalkan pemasaran produk masih terbilang rendah. Terkait dengan kondisi mitra tersebut, tim PKM menawarkan pelatihan digital marketing, mengingat ketua tim PKM telah memiliki sertifikat digital marketing yang sudah diakui oleh BNSP. Maka dari itu, tujuan PKM ini spesifik pada peningkatan pemahaman dan kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan digital marketing di gawai dan laptop mereka. Aktivitas PKM ini sejatinya berkontribusi pada upaya dasar dalam memenuhi target SDGs 4 yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dalam skup kecil di ranah digital marketing. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam mendukung pencapaian target SDGs 9 yaitu pengembangan inovasi dan infrastruktur digital untuk bidang pemasaran. Hasil dari PKM ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengoperasionalkan digital marketing platform untuk memvisualisasikan ide bisnis dan mempraktekkannya secara mandiri di toko virtual mereka.

Keywords


Siswa SMK Islamiyah Serua Depok; Jurusan Pemasaran; Digital Marketing; Pemahaman Digital

Full Text:

PDF

References


Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lubis, T. A., Fitriaty, Firmansyah, Ekasari, N., Siregar, A. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Innovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM) Vol. 4 No. 1.

Payne, G. (2009). Reflections on Public Diplomacy: People-to-People Communication. SAGE Publications, https://www.researchgate.net/publication/240282571_Reflections_on_Public_Diplomacy_People-to-People_Communication

Sari, D. K., Pebrianggara, A., Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar DIGITAL MARKETING, UMSIDA PRESS.

Wati, P. A., Martha, J, A., Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. PT. Literindo Berkah Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3357-3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.