PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULUS ANAK SPEECH DELAY

(1) * Washliaty Sirajuddin Mail (ITKeS Muhammadiyah Sidrap, Indonesia)
(2) Dewi Lidiawati Mail (ITKeS Muhammadiyah Sidrap, Indonesia)
(3) Husnul Khatimah Rustam Mail (ITKeS Muhammadiyah Sidrap, Indonesia)
(4) Nasrayanti Nurdin Mail (ITKeS Muhammadiyah Sidrap, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah “Pelatihan dan Pendampingan Guru PAUD dalam Menstimulus Anak Speech Delayâ€. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam menghadapi dan menstimulus anak dengan gejala speech delay. Kegiatan ini dilaksanakan pada TPK PAUD Nurul Jannal Desa Kanie Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap. Pemilihan lokasi kegiatan berdasarkan hasil observasi awal bahwa pada PAUD tersebut terdapat siswa dengan gejala speech delay. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan kegiatan berupa (1) penyuluhan dan pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menstimulus anak dengan gejala speech delay; (2) menyiapkan alat instrumen yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berbicara serta APE sebagai sarana pendukung perkembangan kognitif, motorik dan emosional anak; (3) bersosialisasi dan silaturrahmi dengan orangtua siswa. Adapun Hasil dari kegiatan ini adalah (1) terjadinya peningkatan pengetahuan guru sebanyak 83,75%; (2) tersedianya alat instrumen stimulus dan APE; (3) terjalin kerjasama dengan PAUD untuk kegiatan pendampingan yang berkelanjutan.


Keywords


pelatihan, PAUD, stimulus speech delay

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v6i10.3606-3610
      

Article metrics

Abstract views : 515 | PDF views : 238

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297.

Dina Hidayati Hutasuhut, Dinda Yarsal. “Edukasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Speach Delayâ€. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1 issue 1 Januari 2021

Dinda Silviana Dewi. Baca selengkapnya di artikel "Dampak Jangka Panjang Speech Delay pada Anak & Cara Mengatasinya", https://tirto.id/ernf

Erna Budiarti, Emma Rahmani, Erlin Yusnita, Cucum Sumiati, Yunaini. (2022). “Pengaruh penerapan oral motor untuk anak speech delay usi 2-4 tahunâ€. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3 No.10 Oktober 2022

Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak. Jurnal Al-Shifa Volume 1 No 2, 2020, 1(2), 102–110.

Gany, A. (2021). Stimulasi Oral Motor Meningkatkan Fungsi Otot Orofasial Anak Tumbuh Kembang. Universitas Hasanuddin.

Istiqlal, Alfani Nurul. 2021. Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech delay) pada anak Usia 6 Tahun, Preschool, Vo.2 No.2.

Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja, 1–14. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/11182/

Shetty P. Speech and language delay in children: A review and the role of a pediatric dentist. J Indian Soc Pedodontics and Preventive Dentistry 2012;30(2):103-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.