PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR INOVATIF PADA ANAK USIA DINI DI TK CENDANA BONE: PKM DENGAN PENDEKATAN SERVICE-LEARNING
Abstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk gambar yang divariasikan dengan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendukung perkembangan jasmani dan rohani peserta didik agar siap memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Kegiatan PKM dengan pendekatan Service-Learning ini merupakan PKM yang diintegrasikan dengan aktivitas akademik yang berupa program Kuliah Kerja Lapangan Profesi (KKLP). Narasumber pada kegiatan ini adalah satu orang dosen dan empat orang mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Kegiatan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2022 di TK Cendana Bone. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media gambar inovatif dapat merangsang perkembangan jasmani dan rohani peserta didik secara holistik. Ini mencakup perkembangan kognitif (proses berpikir, pemahaman konsep, dan kemampuan pengenalan visual-spatial), perkembangan afektif (rasa ingin tahu, minat, kepedulian, kebanggaan, dan keceriaan), serta perkembangan psikomotorik (keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, dan keterampilan visual-motorik). Selain itu, kegiatan PKM ini memberikan inspirasi kepada guru yang ada di TK Cendana Bone terkait pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan sekaligus bermanfaat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, S. R., & Asni. (2019). Kegiatan Membuat Kolase dengan Pasir Berwarna dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak. Jurnal Smart Paud.
Adawiah, A. R. (2022). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 3-4 Tahun : Bermain Tebak Gambar Bola Hewan. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS.
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah;, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pegabdian Masyarakat (pp. 163–128). https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/download/19/16/74-1?inline=1
Budianti, Y., Rangkuti, I. P., & Nasution, F. Z. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial di RA Al Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung.
Dewi, A. K. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palu Barat. Http://Repository.Iainpalu.Ac.Id/. http://repository.iainpalu.ac.id/593/1/ARUM KARTIKA DEWI.pdf
Dewi, P. T. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259663231
Ismail, M. (2023). Media Pembelajaran Inovatif: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya. https://ismailview.com/media-pembelajaran-inovatif-definisi-jenis-dan-manfaatnya/
Juniardi, W. (2023). Contoh Media Pembelajaran Kreatif untuk Membuat Kelas Semakin Menyenangkan. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/contoh-media-pembelajaran-kreatif/
Kamtini, S. P. M. P. (2014). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Siti Hajar Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Latif, A., Ahmad, H., & Syamsuddin, S. (2021). PkM-Peningkatan Kompetensi Guru SMK Mega Link Majene dalam Menggunakan Aplikasi Quizizz sebagai Media Assessment Pembelajaran. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Magill, R. A. (1989). Motor Learning Concepts and Applications. C. Brown Publishers.
Meutia, T., Chandra, R., & Irwansyah, I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah pada BUMG Mitra Usaha Mandiri. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
Nunzairina, H. S. L. I. A. (2023). Memahami Psikologi Perkembangan Jiwa Beragama Pada Anak Usia Dini. Invention: Journal Research and Education Studies. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:258405065
Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus di Paud Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan).
Nurmi, N. (2017). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:149526786
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Riza, E., Husna, L., & Ernati, E. (2014). Teaching English to Kindergarten Students by Using Pictures.
Sari, I. M., Dewi, T. A., & Ratnawuri, T. (2021). Pengembangan Schoology Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional SMA Negeri 1 Sendang Agung. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi.
Smith, S. (2020). How to Identify and Resolve Research Problems. https://www.qualtrics.com/blog/research-problem/
Suchaimiyah, S., & Lathifah, L. (2016). Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Lego (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:151079104
Wahyuni, Arini, M. P. D. N. W., & Riastini, S. P. M. P. P. N. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Connected untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SD No. I Kampung Bugis Tahun Pelajaran 2014/2015. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:146363785
Yusandra, T. F., Sartika, R., & Satini, R. (2021). PKM SMP Negeri 12 Padang dalam Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual pada Keterampilan Menulis Teks Berita di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.
Zahro, N. H. (2019). PKM Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Situbondo di SD Islam Al Abror. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2257-2270
Refbacks
- There are currently no refbacks.