PELATIHAN TOEFL TPT BERBASIS POSTER STIKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TES BERBAHASA INGGRIS BAGI ALUMNI TAHUN 2023

Allif Syahputra Bania, Nuraini Nuraini, Chairuddin Chairuddin, Bachtiar Akob, Najihatul Faridy

Abstract


Ikatan Alumni FKIP  adalah mitra masa depan bangsa dengan membawa marwah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dimana almamater mereka berasal karena di era digital dan sulitnya menempuh dunia kerja maka sangat diperlukan skill berbahasa inggris agar dapat berkomunikasi secara international di era globalisasi. Permasalahan mitra yang sangat komplek adalah keterampilan bahasa inggris dalam hal skor TOEFL yang memadai untuk menempuh pekerjaan hanya aktif selama dua tahun. Metode pendekatan guna menyelesaikan permasalahan terdiri dari persiapan, penjelasan, pelatihan dan evaluasi. Justifikasi masalah yang telah diterima bersama antara tim dosen dan mitra adalah tim pengabdian akan memberikan pelatihan dan pengajaran dalam memanfaatkan bahasa inggris berbasis poster stiker pada alumni FKIP yang berkaitan dengan TOEFL TPT sebagai cara untuk membentuk skill berkomunikasi berbahasa internasional. Hasil yang diperoleh adalah setiap tahapan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana dengan aman, baik, dan harmonis. Instruktur dapat memberikan pengarahan dan pembelajaran yang menarik tentang tes TOEFL TPT melalui bantuan poster stiker yang berisikan informasi berupa trick dan kita dalam menyelesaikan te TOEFL TPT secara cermat, tepat dan mudah


Keywords


alumni; decal; poster; TOEFL TPT; training

Full Text:

PDF

References


Cahyati, S. S., Parmawati, A. dan Atmawidjaja, N. S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Story Telling Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Smp Di Wilayah Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 2(2), 147-154. http://dx.doi.org/10.22460/as.v2i2p147-154.3265

Firmansyah, M. S., dan Ferida, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Menggunakan Simple Sentence Dengan Metode Hari-Inggris Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 2066-2074.

Firmansyah, M. S., Fitriyani, H. Y., dan Mulyadi, R. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Lima Tenses Yang Sering Digunakan Untuk Percakapan Sehari-hari Bagi Siswa-Siswi SMK. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 2059-2065.

Ilham, Isnaini, Y., Irwandi, Lukman, dan Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English as Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715-725.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260-267. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844

Permata, N. N. dan Hadiani, D. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidik Misi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4). http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781

Pujiani, T., Nisa, K., dan Soali, M. (2020). Pelatihan TOEFL Online Melalui Media Youtube Untuk Santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16-22.

Ruminar, H., Prasetyaningrum, D. I., Maharddhika, R., dan Prasetianto, M. (2023). Pelatihan dan Simulasi TOEFL Sebagai Upaya Mencapai Nilai yang Ditargetkan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 12(1), 122-128.

Sulaiman, M., Marliasari, S., Hartati, S., Rofifah, N. R., dan Anggita, D. (2019). Pelatihan TOEFL Remaja Karang Taruna Tunas Mulia. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 103-109.

Tamrin, A. F. dan Yanti, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan Di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Utami, S. S., dan Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Insentif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6(2), 36-46.

Widyahening, E. T. dan Ma’fiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Adiwidya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50-59. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3357

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2886-2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.