PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI SEBAGAI UPAYA PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Yuyun Tafwidhah, Triyana Harlia Putri

Abstract


Pondok pesantren memiliki permasalah kesehatan diantaranya memiliki beberapa kesamaan dibandingkan dengan kondisi yang di alami anak sekolah pada umumnya. Akar permasalahan kesehatan tersebut berawal dari kurangnya budaya dalam penerapan PHBS oleh santri. Padahal siswa yang berada pada tahap perkembangan remaja merupakan usia efektif dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat. Sebagai Upaya untuk meningkatkan pengetahuan santri dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tujuan dari kegiatan ini. Metode peningkatan pengetahuan dilakukan dengan mendidik 33 santri dengan teknik ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Materi yang disampaikan berupa 8 indikator perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dengan menggunakan media audio visual dan alat peraga. Evaluasi dilakukan dengan kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pendidikan. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat adalah 34 sedangkan post-test adalah 77. Hasil analisis menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan pengetahuan dengan nilai 0,000 yang berarti lebih kecil dari p-value< 0,005, sehingga dapat disimpulkan pemberian edukasi PHBS teruji dapat menambah pengetahuan pada peserta didik. Adanya peningkatan informasi oleh santri yang berada di Pasantren, dapat menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai kebiasaan sehari-hari.


Keywords


perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pembiasaan, Pondok pesantren, pengetahuan, santri

Full Text:

PDF

References


Álvarez-García, C., López-Medina, I. M., Sanz-Martos, S., & Álvarez-Nieto, C. (2021). Planetary health: Education for sustainable healthcare. Educacion Medica, 22(6). https://doi.org/10.1016/j.edumed.2021.08.001

Chen, B., Shin, S., Wu, M., & Liu, Z. (2022). Visualizing the Knowledge Domain in Health Education: A Scientometric Analysis Based on CiteSpace. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11). https://doi.org/10.3390/ijerph19116440

Dimasi, L. (2022). Beyond the garden: The complexity of “global and individual living” at the heart of the international commitment towards a healthy, more resilient and fairer society. International Journal of Risk and Safety in Medicine, 33(2). https://doi.org/10.3233/JRS-227004

Irfan, I., Widyastuti, R., & Handayani, F. (2022). Pelatihan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk Pencegahan Covid 19 di Lingkungan Pondok Pesantren. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(6). https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.6104

Kementrian kesehatan RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan No. 2269 TAHUN 2011 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, 4.

Kusumawardani, L. H., Rekawati, E., & Fitriyani, P. (2019). Improving diarrhoeal and clean and healthy living behaviour (PHBS) through collaboration socio-dramatic play (Ko-Berdrama) in school age children. Sri Lanka Journal of Child Health, 48(3). https://doi.org/10.4038/sljch.v48i3.8759

Maulidian, K., & Linggardini, K. (2022). The Effect of Health Education with PHBS Media on the Knowledge Level of Santri Pondok Zam-Zam Islamic Boarding School, Cilongok. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 2. https://doi.org/10.30595/pshms.v2i.242

Nutbeam, D. (2000). Health literacy as a public health goal: A challenge for contemporary health education and communication strategies into the 21st century. Health Promotion International, 15(3). https://doi.org/10.1093/heapro/15.3.259

Rachmathiany, R., Suhita, B. M., & Nurdina, N. (2020). Factor that Influence on PHBS Students Female of Islamic Boarding School Al – Huda Kediri City Based on Health Belief Model Theory. Journal for Quality in Public Health, 4(1). https://doi.org/10.30994/jqph.v4i1.162

Rincón Uribe, F. A., Godinho, R. C. de S., Machado, M. A. S., Oliveira, K. R. da S. G., Neira Espejo, C. A., de Sousa, N. C. V., de Sousa, L. L., Barbalho, M. V. M., Piani, P. P. F., & Pedroso, J. da S. (2021). Health knowledge, health behaviors and attitudes during pandemic emergencies: A systematic review. PloS One, 16(9). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256731

Tessier, N., Jourdan, D., O’Callaghan, N., & Fernandes Da Rocha, C. (2020). Teachers involvement in a co-design process of creation of a health education tool. European Journal of Public Health, 30(Supplement_5). https://doi.org/10.1093/eurpub/ckaa166.459

Wahyudin, U., & Setiaman, A. (2019). The characteristics and role of kyai in socializing health and clean behavior (phbs) in islamic boarding school. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2849-2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.