PERBAIKAN PROSES PENGOLAHAN PADA PRODUK OLAHAN REBUNG KELOMPOK PEREMPUAN PEDULI LINGKUNGAN (KPPL) DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Ulfah Anis, Damres Uker, Fitri Yuwita

Abstract


Rebung mengandung nutrisi yang bermanfaat dalam kesehatan tubuh manusia. Rebung biasanya dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk sayuran. Akan tetapi, terdapat beberapa olehan dari rebung yaitu tepung rebung yang bisa dibuat menjadi produk donat, mie basah, nugget, dan stik rebung. Stik rebung sudah dikembangkan sebagai salah satu produk pangan olahan oleh Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) karya Mandiri di Rejang Lebong. Akan tetapi stik rebung yang dihasilkan kualitasnya masih perlu ditingkatkan, misalnya teksturnya yang kurang renyah. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan proses pengolahan pada produk rebung untuk meningkatkan kualitas mutunya terutama tekstur stik rebung yang dihasilkan. Metode yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini yaitu diskusi dan tanya jawab antara tim pengabdian dengan khalayak sasaran (pertemuan 1). Pertemuan kedua dilanjutkan dengan praktek pembuatan stik rebung dengan mencoba resep baru. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah resep yang berbeda yaitu penggunaan margarin dan irisan rebung dapat memperbaiki tekstur dari stik rebung yang dihasilkan.


Keywords


olahan rebung, rebung, stik

Full Text:

PDF

References


Alen, Y., Agresa, F. L., & Yuliandra, Y. (2017). Analisis Koromatografi Lapis Tipis (KLT) dan AKtivitas Antihiperurisemia Ekstrak Rebung Schizostachyum brachycladum Kurz (Kurz) pada Mencit Putih Jantan. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 3(2), 146–152.

Andrasari, E., Lahming, L., & Fadilah, R. (2019). Pengaruh Penambahan Tepung Rebung (Gigantochloa apus) terhadap Mutu Mie Basah. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(1), 24. https://doi.org/10.26858/jptp.v5i1.8191

Haryani, M., Widawati, L., & Sari, E. R. (2014). Tepung Rebung Termodifikasi sebagai Susbstituen Terigu pada Pembuatan Donat Kaya Serat. Agritepa, I(1), 52–62.

Hervina, H., Afrizal, R., & Hidayat, F. (2019). Effect of Soaking Time of Bamboo Shoot and Concentrations of Lime Paste on Quality of Bamboo Shoot Chips. Serambi Journal of Agricultural Technology, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.32672/sjat.v1i1.1099

Makatita, S. H. (2020). Pengaruh Kandungan Rebung dalam Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah. Edu Dharma Journal, 4(1), 1–9.

Silaban, M., Herawati, N., & Zalfiatri, Y. (2017). Pengaruh Penambahan Rebung Betung dalam Pembuatan Nugget Ikan Patin (Pangasius hypopthalamus). JOM FAPERTA, 4(2), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2536-2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.