EVALUASI SIKAP DAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM UMKM GUNA KEPUASAN KERJA PARA KARYAWAN DI PONDOK IKAN BAKAR ARU-LUBUG BEGALUNG, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

Marta Widian Sari, Wisra Hadifa, Rizka Kurniawati, Safitri Yulandari, Kiki Mirella

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi sikap dan gaya kepemimpinan yang ada dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pondok Ikan Bakar Aru, Jl. Aru No. 34 Lubug Begalung Nan XX, kecamatan Lubug Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat. Metode pengumpulan data dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan pertanyaan dan melakukan sosialisasi terhadap UMKM Pondok Ikan Bakar Aru serta memahami dampaknya terhadap kepuasan kerja para karyawan. Variabel yang dievaluasi meliputi sikap dan gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam UMKM Pondok Ikan Bakar Aru serta kepuasan kerja para karyawan yang diukur untuk memahami tingkat kepuasan terhadap lingkungan di tempat mereka bekerja. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pemilik UMKM Pondok Ikan Bakar Aru dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Dengan memahami sikap dan gaya kepemimpinan yang efektif sehingga UMKM Pondok Ikan Bakar Aru dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif, memotivasi karyawan, dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.


Keywords


evaluasi, sikap kepemimpinan, gaya kepemimpinan, kepuasan kerja karyawan.

Full Text:

PDF

References


Darmawan, H. (2017). Dharmawan: Pengaruh Gaya Kepemimpinan danMotivasi Kerja TerhadapKepuasan Kerja…. Jurnal Ekonomi, 21(01), 76–90.

Jannati, R., & Supriyanto, S. (2022). Peran Sikap Kepemimpinan Pada Kualitas Kerja Karyawan Melalui Kompensasi Kerja (Studi Kasus Pada PT. Laris Abadi Indonesia). Jurnal Ilmiah MEA, 6(3), 2104–2121.

Mukhtar, A. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Anugerah Fitrah Hidayah Makassar. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 8(4), 380–394. https://doi.org/10.37476/jbk.v8i4.716

Putri, I. A., Junriana, Sujono, A., Ranti, Nova, S. E., & Erheriyanti. (2020). Hubungan Antara Sikap Kepemimpinan dengan Etika Organisasi: Suatu Tinjauan. Jisipol (Jurnal Stisipol), 2(1), 330–344.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2442-2446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.