APLIKASI GOOGLE SPREADSHEET SEBAGAI MEDIA PERENCANAAN KONTEN DI AKUN INSTAGRAM JENDELA KOPI

(1) * Jasmine Salsabila Maharani Mail (Uniersitas Pendidikan Nasional, Indonesia)
(2) Kadek Julia Mahadewi Mail (Uniersitas Pendidikan Nasional, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Di era digital saat ini, social media menjadi komponen penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari diberbagai bidang seperti contohnya bidang ekonomi. Para wirausaha yang memiliki Usaha Mikro dan Kecil (UMK) memanfaatkan social media seagai media promosi dengan strategi perencanaan dan mempublikasi konten yang menarik. Tak jarang, masih banyak mitra yang kesulitan mengonsepkan dan menjadwalkan konten dari bidang usahanya sehingga perkembangan usaha di social media tidak optimal. Salah satunya yaitu bidang usaha food and beverages Jendela Kopi, Kota Denpasar, Bali mengalami keterhambatan-keterhambatan yang mencakup konsep dari konten yang akan diunggah, jadwal pengunggahan konten secara rutin, serta pilar-pilar konten yang akan dipilih sebagai ciri khas dari Jendela Kopi melalui Instagram sebagai media publikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis menawarkan solusi yakni perencanaan konten di akun Instagram Jendela Kopi menggunakan aplikasi Google Spreadsheet. Terkait dengan solusi yang ditawarkan, penulis menggunakan pendekatan metode Case based Learning (CBL) yang terdiri dari beberapa Langkah yaitu menganalisis masalah, hipotesa solusi, Menyusun modul praktis, pelaksanaan pelatihan, serta menganalisis hasil. Dalam pelaksanaan metode CBL, penulis juga mengaitkan dengan metode komunikasi pemasaran sehingga mempersempit ruang lingkup konten yang akan dibuat. Luaran pada kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan jurnal yang terakreditasi nasional sehingga diharapkan solusi, permasalahan, serta kontribusi dari mitra dapat terpublikasi dalam skala nasional supaya dapat mengembangkan UMKM dalam ruang lingkup Nasional.


Keywords


Google Spreadsheet, Instagram, Jendela Kopi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2303-2309
      

Article metrics

Abstract views : 1903 | PDF views : 402

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fajriah R. & Nazar S. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Sheets Menggunakan Gantt Chart Template Untuk Melakukan Evaluasi Pencapaian target Kinerja Tim Kader Penggerak PKK Pada Kelurahan Meruya Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sistem Informasi, 1(1), 31-35.

Rio Trilaksono, Agustinus (2018). Efektivitas Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2) 91-96.

Amiyani R., Dewi E. R., & Syarafina D. N. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 243-249.

Badriah A. N., Kusumahati H., & Handayani I. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 7(2), 179-180. http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.155

Akbi D. R, Wahyuni E. D., & Nastiti V. R. S. (2023). Aplikasi Kasir Sebagai Income Generator Pada Home Industry Dimsum Ngalam. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 80-87. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.9258

Dwiridotjahjono J. & Dima N. (2022). Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram†Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Pemasaran, 5(3), 356-365. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.20358

Musharyanti L, Sundari S, & Wospakrik F (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Health of Studies, 4(1), 30-35. 10.31101/jhes.515

Firdiansyah A. (2023, April). Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Strategi dan Skill yang Diperlukan. Diunduh dari: https://glints.com/id/lowongan/komunikasi-pemasaran-marketing-communication/#contoh-strategi-komunikasi-pemasaran

Bagus AI. (2023, Juni). Fungsi Google Spreadsheets : Kegunaan dan Keunggulannya. Diunduh dari: https://bahassemua.com/fungsi-google-spreadsheets/

Harmoni (2021, Juni). 4 Kategori segmentasi Pasar dan Keuntungan dalam Menerapkannya. Diunduh dari: https://www.harmony.co.id/blog/4-kategori-segmentasi-pasar-dan-keuntungan/

Malihah L. (2023, April). USP Adalah, Simak Definisi sampai Manfaat Menariknya. Diunduh dari: https://www.bee.id/blog/usp-adalah-simak-definisi-sampai-manfaat-menariknya/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.