PENDAMPINGAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL NASIONAL BAGI GURU IPA/BIOLOGI SE-KOTA TIDORE KEPULAUAN, MALUKU UTARA

Astuti Muh Amin, Juniartin Juniartin, Muhammad Matdoan

Abstract


Pengembangkan kompetensi profesional guru merupakan salahsatu kompetensi yang terus ditingkatkan pada abad 21 ini. Beberapa persyaratan wajib dipenuhi oleh guru agar jenjang karir mereka dapat meningkat pada kepangkatan tertentu, salahsatunya publikasi artikel ilmiah. Fakta yang diperoleh di lapangan bahwa guru-guru IPA/Biologi di Tidore Kepulauan sekitar 85% mengalami kesulitan dalam publikasi artikel ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan dan pengalaman langsung publikasi artikel ilmiah pada Jurnal Nasional. Peserta dalam kegiatan adalah guru-guru IPA/Biologi Se-Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara berjumlah 30 orang. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada tanggal 1-2 Desember 2022. Respon guru terhadap kegiatan ini sangat positif, hal ini ditunjukkan dengan antusiasme guru dalam mengikuti langkah-langkah penyesuaian template Jurnal AL-Nafis, cara registrasi akun dan proses submit jurnal.  Pendampingan publikasi artikel ilmiah pada Jurnal Nasional dapat memberikan pengalaman bagi guru-guru IPA/biologi di Maluku Utara untuk dapat praktek langsung langkah-langkah membuat akun dan proses submit pada Jurnal Al-Nafis serta pencaharian jurnal lainnya yang relevan.


Keywords


Pendampingan, publikasi, artikel ilmiah, guru IPA/Biologi

Full Text:

PDF

References


Anggaira, A. S., & Wulantina, E. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dan Manager Reference Bagi Guru UPTD SMPN 2 Metro. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 258-269.

Cendra, R., Gazali, N., Apriani, L., Amin, A.A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SMP Negeri 4 Tapung Hilir. Community Education Engagement Journal, 2(1), 1-6.

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi Dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jp.v1i2.10.

Ghozi, S., Mahfud, T., Mulyanto, S., & Suparmanto. (2021). Upaya Pendampingan Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah Penelitian Tindakan kelas bagi Guru SMK di Penajam Paser Utara.

Giyarsih, G. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Mengembangkan Profesi Melalui Pembimbingan Penulisan PTK Bagi Guru SMK GURU SMK. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(3), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.351.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Larasati, R. T. (2014). Faktor-Faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Tesis.

Leo, S. (2010). Kiat Jitu Menulis & Menerbitkan Buku. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mukhibad, H., Asrori, Jayanto, P. Y. (2021). Pendampingan Penyusunan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Jawa Tengah. AL Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengandian Masyarakat, 4(1), 67-72.

Nghia, N. T., & Hanh, L. T. (2019). Innovating Vietnam Education towards International Integration to Meet the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Education and Research, 7(5), 49–60.

Oktoviana, L. T., Hasanah, D., Sulandra, I. M., Susiswo, S., Lestari, rianingsih E., & Nurhakiki, R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dari Hasil Penelitian bagi Guru Matematika SMK Kota Kediri. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 115–122. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/3820.

Prasetiani, D. (2014). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bahasa Jepang SMA/SMK Se-Kota SemaranG. Jurnal Abdimas, (Vol 18, No 1 (2014)). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/5720.

Rahman, A., Warta, I.K., Haerazi, Irawan. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Jurnal Ilmiah Bagi Guru SMP-SMA Kabupaten Lombok Tengah. Abdi Masyarakat, 1(1), 19-24.

Sutanta, E., Iswahyudi, C., Raharjo, S., Rusianto, T., Utami, E., Darmanto, E. (2021). Kolaborasi PKM: Program Peningkatan Kemampuan Guru dalam Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional. Jurnal Abdimas PHB, 4(2), 160-173.

Tati, A.D.R., Achmad, W.K.S., Sahabuddin, E.S., Sayidiman, Hermuttaqien, B.P.F. (2020). PKM Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Submission pada Jurnal Ilmiah Nasional bagi Guru SD di Kab. Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 245-250.

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152.

Yati, R. M., & Sustianingsih, I. M. (2021). Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-guru Sejarah Kabupaten Musi Rawas Utara. Journal of Abdimas Siliwangi, 4(2), 371–384. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.4013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2284-2294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.