EKSPLORASI NILAI PRODUK ERGO-IKONIK PADA UMKM DI PULAU DUA KEPEMILIKAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAN KERAJAAN MALAYSIA

Andriyansah Andriyansah, Meirani Harsasi, Ami Pujiwati, Ginta Ginting, Zainur Hidayah, Andi Sylvana, Irmawaty Irmawaty, Mohamad Nasoha, Nenah Sunarsih, Imas Maesaroh, Rini Subekti, Elisabeth Ria Viana Praningtyas

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan di perguruan tinggi yang dimiliki oleh masing-masing dosen. Kegiatan ini dengan harapan dapat diterapkan oleh masyarakat,khususnya masyarakat yang bergerak dalam bidang usaha UMKM guna meningkat kinerja dari UMKM yang efeknya akan meningkatkan pendapat dan kesejahteraan perekomian. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah modal usaha akibat badai pandemi, sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk menerapkan teknologi, kualitas signal menjadi permasalahan untuk pemasaran digital. Metode pelaksanaan adalah pada dosen memberikan bimbingan teknis, kesempatan kepada UMKM untuk berdiskusi dan presentasi terkait usaha yang telah dilakukan.  Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam Forum Group Discussion (FGD) sehingga peserta dan narasumber dapat berdiskusi saling memberikan pendapat dan rekomendasi terhadap permasalahan dan solusi untuk meningkatkan penjualan produk. Solusi yang ditawarkan dengan menerapakan konsep nilai produk ergo-ikonik, konseip yang dapat meningkatkan penjualan mereka dengan memberikan nilai nyaman berkarakter atau beridentitas dari daerah atau pulau Sebatik. Pemerintah Pusat harus intervensi untuk pengembangan SDM dan Kualitas Produk sebagai bentuk kepemilikan pulau yang dimiliki oleh dua negara

Keywords


Eksplorasi Produk, Nilai Produk ergo-ikonik, UMKM, Pulau Sebatik

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, M. R., Chekima, B., Lada, S., Ming Fook, L., Osman, Z., Sing Yun, W., & Jimainal, M. N. H. (2022). MALAYSIAN MILLENNIAL’S FINANCIAL LITERACY: FUTURE ORIENTATION AS KEY INDICATOR. Academic International Dialogue Academy. http://oer.ums.edu.my/handle/oer_source_files/2118

Andriyansah. (2018). Keunggulan Posisional Nilai Produk Ergo-Ikonik. Universitas Diponegoro.

Andriyansah. (2023a). Menambahkan Nilai ergo-Ikonik (pada Produk UMKM Untuk Peningkatan Penjualan). RADAR SULBAR, 3.

Andriyansah. (2023b). Menulis publikasi karya ilmiah untuk mahasiswa diploma dan sarjana. CV. Adanu Abimata.

Andriyansah, A., Fatimah, F., Rezi, R., Sadiah, A. A., Al-Rasyid, H., & Meirisa, M. (2023). Menambahkan Nilai Ergo-Ikonik Pada Produk Kewirausahaan Mahasiswa untuk Meningkatkan Penjualan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(1), 40–47.

Andriyansah, A., Purnama, R., Tamjuddin, T., Suhartono, S., Nasoha, M., & Cahyadi, M. A. K. (2023). MENDORONG EKONOMI PEDESAAN DENGAN PEMANFAATAN SOLAR PANEL UNTUK PENCIPTAAN PRODUK YANG ERGO-IKONIK DI DESA KURIPAN, CISEENG, BOGOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 835–841.

Andriyansah, A., & Rulinawaty, R. (2023). Performance of Local Government Regulations During the Pandemic to Improve the Economic Value of City Image in South Sulawesi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 38(1), 1–14.

Andriyansah, & Fatimah, F. (2021). Edukasi Mahasiswa Doktoral. Dua Pustaka (CV). https://penerbitduapustaka.blogspot.com

Fatimah, F., & Andriyansh. (2013). Raih sukses belajar di pendidikan jarak jauh. Graha Ilmu. www.grahailmu.id

Geraldina, I., Andriyansah, Safitri, J., Auliq, M. A., Latif, A. S., & Nugraha, A. Y. (2023). IMPLEMENTASI MODEL BISNIS PESANTREN BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE CANVAS. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).

Ginting, G., Dewi, I. J., Maesaroh, I., & Maria, M. (2023). Development Concept and Strategy for Creative Tourism of Community-Based Tourism Destinations in Yogyakarta. Ilomata International Journal of Management, 4(1), 58–72.

Harsasi, M., Minrohayati, M., & Anfas, A. (2019). The role of perceived organisational support influences organisational citizenship behaviour and employees attitudes: study case of a public university in Indonesia. International Journal of Public Sector Performance Management, 5(2), 164–177.

Hartono, U., Musdholifah, M., Arifah, I. D. C., Dhenabayu, R., & Kusumaningrum, T. M. (2021). The Impact of Internet-Based Corporate Governance Sharia (IBCGS) Rating on Shareholders Trust in Jakarta Islamic Index Companies. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 5(2), 327–344.

Muharam, H., & Atyanta, N. L. (2021). The Effect of Corporate Governance on Firm Performance. Ndicators: Journal of Economic and Business, 3(2), 132–142.

Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211–219.

Pujiawati, A., Hutagaol, M. P., Pasaribu, B., & Pandjaitan, N. (2022). The Challenges of University Graduates in The Labour Market During The Industrial Revolution 4.0 Era. Urnal Organisasi Dan Manajemen, 18(1), 1–13.

Safitri, J., Hidayah, Z., Andriyansah, A., Geraldina, I., & Nurpramana, D. E. (2023). PENINGKATAN KUALITAS & STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KELOMPOK TANI KOPI SILIH ASIH, BOGOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 766–772.

Subekti, R., Praningtyas, E. R. V, & Agustina, P. A. A. (2023). Accounting Fun Learning untuk Mendukung Semangat Kewirausahaan Siswa-Siswi SMA Dharma Karya Tangerang Selatan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(1), 93–98.

Subekti, R., Praningtyas, E. R. V, & Anggraini, P. A. A. (2023). I Increasing Satisfaction and Repurchase Intention on Contemporary Food and Beverages Through E-commerce. Terbuka Journal of Economics and Business, 4(1), 11–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1734-1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.