PELATIHAN PEMBUATAN OUTLINE PIDATO DALAM RANGKA MENDORONG KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA REMAJA DI YAYASAN GUARDIAN HOLY ANGEL, BEKASI

Puri Bestari Mardani, Maria Febiana Christanti, Ratu Laura M.B.P

Abstract


Pelatihan pembuatan outline pidato merupakan langkah penting untuk memastikan pidato yang disampaikan terstruktur, terfokus, dan efektif. Outline menjadi panduan yang dapat membantu untuk menyampaikan pesan dengan jelas serta memberikan kepercayaan diri yang lebih besar saat berbicara di hadapan audiens. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum pada remaja yang berada di Yayasan Guardian Holy Angel. Pelatihan ini dirancang untuk membantu remaja meningkatkan pemahama serta penyusunan outline pidato yang sistematis, relevan, dan kreatif dalam mencapai tujuan komunikasi yang efektif. Pemilihan peserta dari remaja pada Yayasan Guardian Holy angel karena mereka masih memiliki akses yang terbatas dalam mengasah keterampilan ini, meskipun demikian keterampilan ini merupakan salah satu soft skill yang berharga untuk kehidupan personal dan profesional. Peserta abdimas diberikan pemahaman tentang pentingnya struktur, relevansi, dan kreativitas dalam menyusun ouline pidato. Melalui kegiatan ini, remaja dari Yayasan Guardian Holy Angel mampu membuat outline pidato yang inovatif dan kreatif. Mereka dapat mengemas ide-ide dengan jelas dan sistematis, serta mampu menarik minat audiens melalui judul pidato yang menarik. Peningkatan pengetahuan peserta juga terlihat dari hasil test pasca-pelatihan yang menunjukkan peningkatan yang signifikan.

 


Keywords


Public Speaking; Ouline Pidato; Remaja; Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Baccarani, C., & Bonfanti, A. (2015). Effective public speaking: a conceptual framework in the corporate-communication field. Corporate Communications: An International Journal, 20(3), 375–390. https://doi.org/10.1108/CCIJ-04-2014-0025

Dansieh, S. A., Owusu, E., & Seidu, G. A. (2021).

Glossophobia: The Fear of Public Speaking in ESL Students in Ghana. Language Teaching, 1(1), p22. https://doi.org/10.30560/lt.v1n1p22

Gani, Rita., A., & Kusumalestari. (2020). Virtual Public Speaking. (R. Soenendar, Ed.) (1st ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Mahardika, D. (2015). Cerdas berbicara di depan publik. (Prasutra, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: FlashBooks.

Mahmud, L. H., Anwar, M., Yamin, Y., & Yunita, Y. (2022). Public Speaking: Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri dalam Berbicara Bahasa Inggris di Pesantren Al-Ghozali. Acitya Bhakti, 2(1), 17. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.13535

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustamu, R. H. (2012). Menjadi Pembicara Publik Andal : Fenomena Public Speaker, Antara Kebutuhan Dan Tren. Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 210–216.

Pratiwi, P. a. a. S. (2018). Pelatihan Public Speaking Bagi Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Desa Sesetan. Buletin Udayana Mengabdi, 16(September), 47–54. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36785%0Ahttp://files/1713/Pratiwi - 2018 - PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI SEKAA TERUNA SATYA .pdf

Sujoko. (2020). Komunikasi Empati dalam Pandemi Covid-19. Yogyakarta: ASPIKOM Korwil Jatim - Buku Litera.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1749-1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.