PELATIHAN PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KARYAWAN HOUSEKEEPING DI KING ROYAL HOTEL BREBES

Puput Dewi Anggraeni

Abstract


Bisnis hotel saat ini sangat menjanjikan, karenanya banyak hotel-hotel baru muncul di berbagai wilayah. Dari hotel berbintang hingga hotel melati atau sekelas guest house/homestay pun semuanya menjamur dengan rata. Seperti halnya di Kota Brebes terdapat hotel baru bernama King Royal Hotel Brebes. fasilitas hotel sangat lengkap namun perlu didukung dengan adanya pelayanan yang baik, hal ini sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan, selain itu pengalaman dari pengunjung yang menginap juga memiliki peran utama untuk mempromosikan hotel tersebut. Kegiatan PKM ini menggunakan metode survei, pengumpulan data dan pelatihan. Permasalahan yang terjadi karyawan hotel khususnya bagian housekeeping belum memiliki pengetahuan tentang pelayanan prima dan tidak adanya koordinasi antar bagian hotel, sehingga beberapa tamu hotel komplain mengenai kebersihan kamar, pelayanan yang kurang dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan peningkatan mutu pelayanan kepada karyawan Hotel King Royal Brebes, dengan tujuan karyawan hotel mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang pelayanan prima serta dapat diterapkan pada saat bekerja sehari-hari sehingga tamu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan kembali lagi menginap di King Royal Hotel Brebes.


Keywords


hotel; housekeeping; excellent service

Full Text:

PDF

References


Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Puri Gangga Resort . Jurnal Mahasiswa Pariwisata Dan Bisnis, 01(07), 1732–1749.

Putra, T. D. (2020). Hotel Universitas Tanjungpura. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, 8(1), 461–470.

Riri. (2022, December 8). King Royal Hotel Milik Kader Banteng Diresmikan, Diharapkan Dongkrak Perekonomian Brebes. Derapjuang.Id. https://derapjuang.id/featured/king-royal-hotel-milik-kader-banteng-diresmikan-diharapkan-dongkrak-perekonomian-brebes/

Rohaeni, N., Jubaedah, Y., & Rahmah, A. A. (2019). Competency Based Assessment Pada Perancangan Alat Penilaian Kinerja Praktik Di Housekeeping Department . JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 06(01), 16–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2548-2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.