PENINGKATAN MANAJEMEN USAHA KECIL MIKRO MELALUI PELATIHAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA KAWASAN PESISIR PANTAI KUALA RAJA KABUPATEN BIREUEN

Zuriani Ritonga, Cut Santika, Mulyadi Mulyadi, Sri Yanna, Sutoyo Sutoyo, Hayanuddin Safri, Junita Lubis, Bayu Eko Broto

Abstract


Suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di Desa  Kuala Raja. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pemahaman serta pengetahuan tentang manajemen kewirausahaan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat serta nantinya diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarak pesisir pantai Kuala Raja. Dan melalukan pelatihan tentang pengembangan bidang-bidang usaha yang transparansi, dan profesionalisme bagi seluruhlapisan masyarakat yang ada di kawasan pesisir pantai Kuala Raja. Tata laksana kegiatan ini dengan melakukan kegiatan sosialisasi, penjelasan dari materi yang telah disiapkan serta melakukan diskusi yang dipaparkan oleh beberapa dosen dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia dan Dosen Universitas Labuhanbatu. Pemerintahan setempat memberikan dukungan kepada para dosen-dosen dari universitas Islam Kebangsaan indonesia dan Universitas Labuhanbatu untuk melakukan kegiatan penyuluhan serta pendampingan dalam berwirausaha. Acara ini terdiri dari 15 peserta yang akan mengikuti penyuluhan serta pendampingan yang berada di kawasan pesisir pantai Kuala Raja. Banyak usaha kecil yang berada dikawasan pesisir pantai di Kuala Raja memiliki usaha yang sudah berjalan namun masih dalam sekala kecil, ditemukan bahwa bisnis yang mereka kelola tidak berjalan secara maksimal. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga di kawasan pesisir pantai kuala raja. Maka dari itu diperlukan pendampingan jadi tidak hanya sekedar pelatihan saja.


Keywords


UMKM, Motivasi, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Armalinda, Armalinda. 2020. “PENYULUHAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA DAN MEMULAI USAHA PRODUKTIF PADA MASYARAKAT DESA BANDUNG AGUNG KECAMATAN PAGAR GUNUNG KABUPATEN LAHAT.” Suluh Abdi 2(1): 27–30.

Julyanthry, Julyanthry et al. 2020. Manajemen Produksi Dan Operasi. Yayasan Kita Menulis.

Kurniawati, Dwi Pratiwi. 2013. “Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Usaha Ekonomi (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto).”

Mardia, Mardia et al. 2021. Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Rahim, Abd Rahman, and Basri Basir. 2019. “Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa.” Jurnal Economic Resource 2(1): 34–39.

Ramajaya, Muhammad, Daru Retnowati, and Teguh Kismantoroadji. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Organik (Studi Kasus Di Kampung Ngemplak Sutan Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta).” Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi 22(1): 75–87.

Suseno, Agustian, and Jauhari Arifin. 2020. “Analisis Value Chain Management Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Indonesia.” Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem dan Industri 1(01): 24–33.

Zahro, Azizatuz et al. 2021. “PENGUATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI BRANDING PRODUK UNGGULAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA USAHA SABLON.” Prosiding Hapemas 2(1): 619–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1181-1189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.