PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN UMKM NATA DE COCO UNTUK MENINGKATKAN NILAI PRODUK DI GODEGAN, SRANDAKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Barbara Gunawan

Abstract


Mitra dalam program pengabdian KKN PPM ini adalah pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan warga di wilayah Godegan Srandakan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinyatakan Mitra adalah UMKM karena program utama Pengabdi akan mendampingi beberapa UMKM yang ada di dusun Godegan, khususnya UMKM Nata de coco, disamping itu juga akan menyelenggarakan program bantu berupa Digitalisasi Data Kependudukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan nilai hasil olahan produk nata de coco, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan warga hingga terjadi kemandirian ekonomi. Permasalahan yang dihadapi adalah pengelola UMKM nata de coco yang hanya mengolah nata de coco dalam bentuk setengah jadi, tidak memiliki pengetahuan untuk meningkatkan nilai produk supaya mempunyai nilai jual yang lebih baik. Kemasan, logo, dan merk produk juga menjadi kendala untuk memasarkan hasil olahan produk jadi. Selain permasalahan yang terdapat pada usaha UMKM nata de coco, terdapat juga permasalahan di dusun, yaitu administrasi data kependudukan yang tidak update, karena dicatat secara manual. Berdasarkan permasalahan tersebut, Pengabdi menyelesaikan masalah dengan melakukan kegiatan yang terbagi menjadi aspek produksi, pemasaran, dan Pencatatan Keuangan. Pada aspek produksi: diselenggarakan pelatihan dan pendampingan pengolahan produk dan pengemasan nata de coco yang menarik untuk meningkatkan nilai produk; dari aspek pemasaran diperlukan pendampingan tentang pemasaran produk secara online, sedangkan dari segi keuangan dilakukan pendampingan dalam mengelola keuangan usaha. Pengabdi juga memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal pembuatan company profile dan digitalisasi data kependudukan. Luaran dari program pengabdian ini adalah: berita di media massa, video kegiatan, keikutsertaan dalam seminar nasional pengabdian masyarkat, dan naskah ilmiah yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal terakreditasi Sinta

Keywords


UMKM, Godegan, Nata de Coco, company profile.

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, T. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Pada Ibu-Ibu Aisyiah Muhammadiyah Bali. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(1), 17. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i1.2649

Christianingrum, Saputra, D., Yusuf, & Ulyana, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. Ikraith - Abdimas, 4(1), 74–80.

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). PELATIHAN PEMASARAN, PEMBERDAYAAN TOKO ONLINE, DAN PENGENALAN m-commerce PADA PRODUK UNGGULAN JAGUNG TORTILA DI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 56–66.

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tematik), 2(1), 61–71.

Nursidiq, C., Iftayani, I., & Ritati, N. (2019). Pendampingan Pemasaran Dan Pelatihan Pengelolaan Website Bagi Anggota Kub Di Temanggung. Prosiding Seminar Nasional …, 3, 1379–1385. https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/download/418/461

Priyanto, Z. B. (2011). Analisis Usaha Nata de Coco. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Rummujib, H. (2021). Aplikasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Nurdin Hamzah Berbasis Mobile. Jurnal Karya Informatika (KARTIKA), 44–49.

Siti, A. (2017). Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan, 4(1), 63–67.

Sondakh, R. C., Kusrianti, N., & Astri, F. (2021). Pendampingan Pembuatan Kreasi Cokelat untuk Pengembangan Industri Rumahan Desa Ginunggung, Kabupaten Tolitoli. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 132–138. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2645

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian.

Utarsih, H., Vidyastuti, H., & Sari, W. P. (2020). Pengembangan Pola Penjualan Usaha Pangsit & Mie Alex Melalui Online dan Offline Serta Analisis Penggunaan Sumber Daya Manusia. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 04(02), 423–428.

Yulianto, A. R., & Permatasari, C. L. (2019). Relevansi Produk dan Pelayanan Terhadap Pembelian Kuliner. Jurnal Ecodunamika, 4(1).

Anonim. 2006. Formalin bukan Formalitas. CP Buletin Service No.73 Tahun VII Januari 2006. Jakarta.

BPS (2013). Data Statistik Kependudukan. Badan Pusat Statistik Kota Padangsidempuan.

Cahyadi, W. 2009. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, R. 2013. Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya. Jakarta: Titik Media Publisher.

Depdiknas. 2002. Sains. Jakarta: Pusat Kurikulum, BalitbangDepdiknas.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.

Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1449-1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.