PENTAS LITERASI RELIGI DAN SENI: MEMOTIVASI ANAK USIA DINI AGAR SEMAKIN MENUMBUHKAN AKHLAK KHARIMAH

Widya Rizky Pratiwi, Andriyansah Andriyansah, Andi Harmoko Arifin, Zulkifli Sultan, Lukytta Gusti Acfira

Abstract


Anak usia dini merupakan pondasi dasar untuk pembentukan akhlak al-karimah. Olehnya, akhlak sangat penting ditanamkan sejak dini dan perlu menjadi perhatian kita bersama. Sehingga, sebagai wujud kepedulian dan respon terhadap berbagai tantangan di era perkembangan IPTEKS modern ini, tim dosen dari Universitas Terbuka melakukan pengabdian yang dikemas dengan tema “Membangun Budaya Literasi dan Meningkatkan Jiwa rabbani pada Anak Pendidikan Dasar di daerah Sub Urban”. PkM ini berupa pentas literasi religi dan seni dengan tujuan untuk memotivasi anak usia dini agar semakin menumbuhkan akhlak kharimah dalam diri masing-masing. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerjasama dengan pengurus Mushollah Al-Kamila, Sawangan Depok, Jawa Barat. PkM ini diikuti oleh 43 peserta lomba dengan empat kelompok lomba yaitu adzan, hapalan surat pendek, dan lomba mewarnai tingkat SD dan TK. Kegiatan PkM terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu analisis kebutuhan, persiapan, dan impelementasi yang dilakukan selama 4 bulan dengan puncak kegiatan di Bulan April 2023 bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Implementasi kegiatan ini diawali dengan Sambutan, kemudian dilanjutkan dengan Edukasi terkait pentingnya menumbuhkan akhlak kharimah dalam pusaran kemajuan IPTEKS saat ini. Lalu berlanjut pada kegiatan ini yaitu pelaksanaan lomba atau pentas literasi religi dan seni beserta penjurian, dan pengumuman serta pemberian hadiah bagi pemenang. Kegiatan lalu ditutup dengan buka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah. Kegiatan ini berlangsung lancar dan disambut sangat antusias oleh seluruh masyarakat Sub-Urban di daerah tersebut, baik dari anak-anak peserta lomba, para orang tua, maupun pengurus mushollah. Pada akhirnya, pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pentas literasi religi dan seni ini diharapkan dapat semakin memotivasi anak usia dini agar semakin menumbuhkan akhlak kharimah.

 


Keywords


Akhlak kharimah, Budaya Literasi, Daerah Sub-Urban, IPTEKS, Jiwa Rabbani

Full Text:

PDF

References


Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50-56.

Junaedi, A. (2018). Pembentukan Akhlak Al-Karimah pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nisa, V. K., & Zunairoh, Y. (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83-93.

Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112.

Pratiwi, W. R., & Acfira, L. G. (2023). Membangun Keberanian sebagai Tourism English Public Speaker untuk Generasi Muda Bulukumba. BIDIK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 8-14.

Pratiwi, W. R., Acfira, L. G., Ilmudinulloh, R., Gusti, H. I., & Andriyansah. (2023). Pelatihan Tourism English Public Speaking untuk Generasi Muda Bulukumba. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1).

Puspaningrum, Y., Zuhria, S. A., Sulton, M., & Baharudin, M. (2021). Upaya Peningkatan Kreativitas dan Karakter Anak Islami melalui Lomba Kreasi Santri di TPQ Al Muttaqin Desa Kayen. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 83-86.

Ramadan, R., Nasution, R., & Fitry, S. A. (2021). Pembinaan Akhlak Anak Yatim di Yayasan Kasih Sayang Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 535-545.

Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.

Sodik, M., Saepudin, A., & Suryadi, Y. (2022). Menanamkan Jiwa Kreativitas dan Kewirausahaan Santri Melalui Lomba Islami di Majlis Ta’lim Miftahul Khoirot Desa Cibinong Jatiluhur Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 100-107.

Sumardi, A., Kartikasari, R. D., & Ryanti, N. (2020). Analisis Nilai Akhlak Pada Legenda Malin Kundang Dalam Perspektif Islam. Jurnal Skripta, 6(2).

Yahman, E. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Modifikasi Sebut Kata terhadap Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 8(2), 1–9




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1523-1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.