PELATIHAN KOPERASI BERBASIS SYARIAH DI KELURAHAN GANTING KOTA PADANG PANJANG

Himyar Pasrizal, Syukri Iska, Nofrivul Nofrivul, Mirawati Mirawati, Chita Indah Sari, Khairul Marlin, Khairulis Shobirin, Yeni Melia

Abstract


Koperasi syariah merupakan salah satu bagian dari lembaga keuangan syariah yang berlandaskan pada prinsip syariah untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Koperasi Merapi Singgalang merupakan salah satu koperasi yang ada di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang yang saat ini sedang melakukan peralihan system pelaksanaan dari sistem konvensional ke sistem syariah. Namun pada saat ini dalam kegiatan yang dilakukan masih terdapat unsur riba karena minimnya pengetahuan anggota maupun masyarakat disekitar terkait hal itu. Dengan demikian pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan agar bisa memberikan perubahan yang lebih baik terhadap pelaksanaan koperasi ini kedepannya. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tim pengabdian saling bekerja sama dengan anggotakoperasi  untuk mempersiapkan acara agar berjalan dengan lancar. Melalui kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan menjadikan koperasi syariah sebagai roda perekonomian masyarakat yang bebas riba dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.


Keywords


Koperasi, Riba, Perekonomian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Azhar, dkk. 2023. Pelatihan Manajemen Life Skill Usaha Ikan Salai di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. MERTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 6 No. 1.

Sukrianto, D dan M. Diky, A. M. 2019. Pemanfaatan Teknologi Berbasis Web Sistem Informasi Koperasi Syariah Pada Pengadilan Agama Pekanbaru. Jurnal Intra-Technology. Vol. 3 No. 2.

Hamidi, I, Bashir, A. D. Atiyatna, P. Sukanto. S, dan Mukhlis, M. 2020. Pelatihan Manajemen Koperasi Syariah di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sricommerce Jurnal Sriwijaya. Community Servces, Vol. 1 No. 1.

Jalaludin, J. Rohmat, S dan Ina, L. N. 2021. Pendampingan Pendirian Koperasi Unit Desa Berbasis Syariah Di Desa Karangmukti Bungursari Purwakarta. ADINDAMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 1.

Apriyana, M and S. H. 2020. Preferensi Koperasi Dalam Melakukan Konversi Menjadi Koperasi Syariah: Studi Kasus Pada Koperasi di Wilayah Bogor. Jurnal Islam Economic Financial Studies. Vol. 1 No. 2.

Miftakhul, M. H. 2022. Penguatan Pemahaman Jama’ah Masjid Baiturrahman tentang Bahaya Riba dan Keutamaan Perekonomian Berbasis Syariah. Pengabdianmu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 7 No. 6.

Batubara, M. W, 2021. Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Islam. Vol. 7 No. 03.

Nur, A and Nina, D. S. 2021. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Syariah: Pendekatan Participatory Action Research. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Kepada. Masyarakat. Vol. 2 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1277-1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.