UPAYA PEMASARAN SECARA DIGITAL DI PT. ALFAJORES BALI ENAK

Ni Wayan Suastini, Ida Bagus Gde Nova Winarta, I Putu Wira Santana

Abstract


Pemasaran merupakan elemen penting dalam kegiatan penjualan suatu produk. Kegiatan ini bertujuan untuk memecahkan masalah maupun kendala yang dihadapi mitra perusahaan PT. Alfajores Bali Enak. Masalah dan kendala yang ditemukan pada perusahaan adalah kurang memberikan promosi terhadap menu dan produk baru serta kurang memaksimalkan pemasarannya pada sosial media. Maka dari itu, tim pelaksana pengabdian merancang program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan pemasaran pada mitra yang terkait melalui sarana sosial media. Pelaksanaan pengabdian ini melalui beberapa tahapan, yang diawali dengan observasi yang selanjutnya diikuti dengan tahapan pelaksanaan kegiatan secara langsung selama masa kegiatan. Adapun hasil pelaksanaan adalah bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui pembuatan promosi menu kombinasi, kartu diskon, kartu pelanggan, serta mengunggah promosi yang telah dipersiapkan dalam bentuk foto atau video ke sosial media. Mitra perusahaan mendapatkan manfaat positif seperti meningkatnya atensi pelanggan terhadap produk baru dan meningkatnya personal branding mitra perusahaan di sosial media terkait.


Keywords


marketing; digital; promotion

Full Text:

PDF

References


Anggakara, M. (2022, March 4). Strategi Penjualan Menggunakan Paket Bundling. LinovHR. https://www.linovhr.com/strategi-paket-bundling.

Evendi, M. S. (2015). Penggunaan Kartu Diskon dalam Transaksi Jual Beli menurut Perspektif Fikih. Tugas Akhir. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kamalludin, R. N. (2021). Pengertian, Manfaat dan Tujuan Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-bisnis.

Puspitarini, D., & Nuraeni, R.(2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common. 3(1), 71-80.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riati, N. (2015). Strategi Bauran Pemasaran Ayam-Ayam Resto Solo. Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sembiring, E.B., dkk (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Rempang Cate Melalui Pelatihan Pemasaran Digital untuk Produk Unggulan Pasir Panjang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AbdiMas), 1(2), 104-117

Valentika, N. dkk (2020). Implementasi Sosial Media Marketing dalam Meningkatkan Jaringan Pasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion 1(1), 68-74

Worosiwi, M. G. (2016). Penerapan Strategi Member Card Dalam Menarik Minat Konsumen Melakukan Pembelian (Studi kasus di butik Busana Muslim Balqis Kampung Dalem Kediri). Tugas Akhir. Kediri: Institut Agama Islam Negeri Kediri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2257-2262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.