EDUKASI CUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Syiddatul Budury, Nunik Purwanti, Nur Hidaayah

Abstract


Pembentukan sikap dan kebiasaaan hidup bersih dan sehat dimulai sejak dini. Pada anak usia sekolah rentan terjadi penyakit yang disebabkan oleh tangan yang terjangkit bakteri, virus atau cacing parasit sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberi pemahaman tentang pentingnya menerapkan cuci tangan yang benar dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh 20 anak usia sekolah yang aktif belajar Alquran di TPQ An-Nur Banyu Urip Surabaya. Kegiatan dilakukan dengan melakukan pretest pada anak memberikan edukasi dan demonstrasi tentang cuci tangan dilanjutkan dengan praktik cuci tangan pada anak-anak secara bergantian dan posttest. Dari hasil pengukuran 20 anak yang awalnya tidak bisa melakukan cuci tangan setelah kegiatan 20 anak bisa mempraktikkan 6 langkah cara cuci tangan yang benar. Penanaman kebiasaan dan pemberian pemahaman tentang pentingnya cuci tangan akan memunculkan awareness pada anak sehingga akan mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.


Keywords


handwashing, healthy, school age

Full Text:

PDF

References


Khaulani F, S N, Murni I. Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2020;7(1).

Ali Rosidi, Erma Handarsari, Mita Mahmudah. Hubungan Kebiasaan Cuci Tangan Dan Sanitasi Makanan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sd Negeri Podo 2 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2010;6(1).

Smith L, Butler L, Tully MA, Jacob L, Barnett Y, López-Sánchez GF, et al. Hand-washing practices among adolescents aged 12–15 years from 80 countries. Int J Environ Res Public Health. 2021 Jan 1;18(1):1–15.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Cuci Tangan Pakai Sabun Turunkan Kasus Penyakit Diare dan ISPA. https://www.kemkes.go.id/article/view/21101300003/cuci-tangan-pakai-sabun-turunkan-kasus-penyakit-diare-dan-ispa.html . 2021.

Dunlosky J, Rawson KA, Marsh EJ, Nathan MJ, Willingham DT. Improving students’ learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Vol. 14, Psychological Science in the Public Interest, Supplement. SAGE Publications Inc.; 2013. p. 4–58.

Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry D. PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET A. PENDAHULUAN. Vol. 3. Januari-Juni; 2015.

Ikasari FS, Widniah AZ. Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan pada Anak Usia Sekolah. Penelitian Kesehatan Forikes.

Wijaya DR. Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Santri TPA Nurul Muallim Kab. Gowa. Journal of Public Health Service. 2(1):2023.

Padila P, Andri J, J H, Andrianto MB, Admaja RD. Pembelajaran Cuci Tangan Tujuh Langkah Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. Journal of Telenursing (JOTING). 2020 Sep 10;2(2):112–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1273-1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.