PENYULUHAN TENTANG LITERASI KEUANGAN DIGITAL PADA PEREMPUAN DI DESA COT MESJID KABUPATEN BIREUEN

Munawarah Munawarah, Rahmi Rahmi, Irne Aryanie, Nurjannah Nurjannah, Chairul Bariah, Iskandar Iskandar, Mai Simahatie, Emalia Ariska

Abstract


Desa cot mesjid merupakan desa binaan yang terkenal dengan kerajinan bordir dan terdapat kelompok pengrajin wanita yang menjadi tumpuan peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, tim pengabdi bertujuan untuk melakukan kegiatan sosialisasi terkait literasi keuangan digital di Kabupaten Bireuen. Pelaksanaan pengabdian ini berlokasi di Desa cot mesjid Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen dengan sasaran perempuan pengrajin bordir dan komunitas perempuan yang menggunakan gadget dan menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari. Hasil dari pengabdian ini adalah masih banyak perempuan pengrajin bordir yang belum mengetahui resiko penggunaan platform keuangan digital seperti Phishing, Phraming Mobile, Sniffing, Money Mule dan Social Engineering. Selain itu masih banyak yang bingung dalam memilih platform yang tepat untuk digunakan, sehingga ada penyuluhan dari tim pengabdi Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Komunitas perempuan pengrajin bordir menjadi sadar akan platform dan informasi yang harus mereka pilih dan pilah untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi.


Keywords


Literasi, keuangan digital

Full Text:

PDF

References


Awalia, Hafizah, Saipul Hamdi, and Arif Nasrullah. 2022. “Penyuluhan Literasi Keuangan Digital Pada Perempuan Di Desa Wisata Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat.” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi 1(2): 105–14.

Deshinta, Hana, and Ama Suyanto. 2020. “Efektifitas Promosi Online Pada E-Commerce Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 8(1): 9–18.

Effendi, Nury, Anhar Fauzan Priyono, Militcyano Samuel Sapulette, and Vera Intanie Dewi. 2022. “Pelatihan Literasi Keuangan Digital Kepada Pengusaha Mikro Di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.” Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 6(1): 81–90.

Fisabilillah, Ladi, Tony Seno Aji, and Prayudi Setiawan Prabowo. 2021. “Literasi Keuangan Digital Sebagai Upaya Pembekalan UMKM Kampung Binaan Go Digital.” DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 62–69.

Keuangan, Otoritas Jasa. 2020. “Otoritas Jasa Keuangan.” Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 65.

Rizkiyah, Khoyatu, Lina Nurmayanti, Reshanty Dea Nur Macdhy, and Abdul Yusuf. 2021. “Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pengguna Platform Digital Payment OVO).” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 16(1): 107–26.

Simarmata, Janner et al. 2020. Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis.

Suherdi, Devri. 2021. Peran Literasi Digital Di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.

Wahyuddin, Wahyuddin et al. 2022. Financial Technology: Sistem Keuangan Digital. Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.