SOSIALISASI STRATEGI MEMAJUKAN DIGITALISASI UMKM DIKALANGAN PEMUDA PEMUDI DESA KEDAI GEDANG KECAMATAN BARUS KAB. TAPANULI TENGAH

Indra Setiawan, Sinta Veronika, Mhd. Shafwan Koto

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) pemahaman PKM ditengah warga Desa Kedai Gedang (2) pengembangan dan peningkatan strategi dalam berbisnis pada warga Desa Kedai Gedang (3) Peningkatan pengetahuan digitalisasi dikalangan pemuda-pemudi di Desa Kedai Gedang. Mitra pengabdian masyarakat PKM ini adalah pemuda-pemudi Desa Kedai Gedang Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Program ini dilaksanakan sebagai sarana untuk pemahaman dan peningkatan pengetahuan terkait strategi dalam berbisnis di masa sekarang ini. Kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan pemahaman kepada pemuda-pemudi warga desa kedai gedang terkait bagaimana menggunakan sumber daya yang ada, sehingga menjadi suatu yang bernilai guna dan bermanfaat bagi taraf perekonomian pada desa kedai gedang. Program ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pemberdayaan masyarakat dan pada akhirnya dengan berwirausaha dengan pemanfaatan digitalisasi mampu mengubah penghasilan dan mampu menambah pangsa pasar yang lebih luas lagi.


Keywords


Digitalisasi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gitosudarmo, Indrianyo, 2000 – Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE Siagian, 2008, Manajemen Stratejik.

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya ManusiaI. Bandung: Refika Aditama.

Setiana Simorangkir, Struktur Bahasa Pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1986.

Sirait, J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Internasional. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.