OPTIMALISASI DIGITALISASI PADA UMKM SANGHUI, PARAS FURNITURE DAN DI & DIN COLLECTION

(1) * Agtariza Wulanda Suci Padi Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(2) Tini Kartini Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(3) Endang Silaningsih Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(4) Erni Yuningsih Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(5) Sudarijati Sudarijati Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(6) Dwi Gemina Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(7) M. Rachmat Jailani Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
(8) Ikhwan Zaenudin Mail (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Optimalisasi digitalisasi pada UMKM Sanghui, Paras Furniture dan Di & Din Collection. Penerapan digitalisasi pada UMKM sangatlah diperlukan dimasa pandemi seperti ini. Digitalisasi ini berguna untuk mempersiapkan UMKM untuk mampu bertahan menghadapi persaingan usaha baik dari segi pemasaran dan keuangan. Oleh karena itu perlunya pendampingan kepada UMKM dalam memasarkan produknya melalui e-commerce dan mendata keuangan secara digital, sehingga diharapkan mampu membantu UMKM agar lebih efektif dan efisian dalam usahanya. Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini meliputi wawancara secara langsung dengan UMKM perihal masalah-masalah yang dihadapi, berdiskusi tentang penyelesaian masalah dengan pemberian sosialisasi materi tentang digitalisasi pemasaran dan keuangan serta pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan e-commerce pada masing-masing UMKM dan pencatatan keuangan secara digital. Hasil evaluasi kegiatan pendampingan ini adalah penerapan digitalisasi pada UMKM diterima dengan sangat baik dan diterapkan oleh para UMKM.


Keywords


UMKM, Keuangan, Pemasaran dan Digitalisasi.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1907-1913
      

Article metrics

Abstract views : 426 | PDF views : 294

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Analia, D., Syaukat, Y., Fauzi, A., & Rustiadi, E. (2019). Modal Sosial (Network) Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 108–117. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.11

Imaddudin, & Tri Alida Apriliana. (2022). Wisata Literasi Digital : Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Kreatif Wisata Literasi Digital Bagi Forum (TBM) Taman Bacaan Masyarakat Kota Bekasi. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(10), 3444–3451.

Primadhita, Y., & Budiningsih, S. (2020). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dengan Model Vector Auto Regression. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(1), 1. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i1.396

Sudarwati, dkk. (2021). Pengabdian Masyarakat Dengan Strategi Pendekatan Edukatif, Kolaboratif, Dan Semangat Melawan Covid-19. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM), 1(2), 71–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.