PELATIHAN PENGEMBANGAN USAHA SABLON PADA SAHABAT ALAM SUMATERA UTARA (SABA SUMUT)

Safran Efendi Pasaribu, Irman Puansah, Soritua Ritonga, Indra Hadinata

Abstract


Pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan dengan melakukan Pelatihan Pengembangan Usaha Sablon Pada Sahabat Alam Sumatera Utara (SABA SUMUT) di Padangsidimpuan Tenggara. Hasil luaran yang akan dicapai adalah publikasi pada jurnal Martabe UM-Tapsel. Dalam pelaksanaan kegiatan dihaharapkan Mitra memahami pengembangan usaha sablon di lingkungan mereka, Mitra mengetahui teknik dan pembuatan sablon. Mitra mengetahui manajemen pengembangan usaha sablon, dan dapat melakukan inovasi terhadap produk-produk sablon yang dihasilkan. Kegiatan ini direncanakan dengan tahapan berupa : pertama menyiapkan peralatan dan berbagai bahan yang  dipergunakan pada tahap pelatihan dan juga memberikan materi yang akan dijelaskan kepada peserta pelatihan. Kedua melakukan pelatihan: dilakukan dengan praktek-praktek mengembangkan usaha sablon dengan langsung, melakukan pembinaan terhadap mitra dengan meneruskan program pelatihan sablon dan pengembangan usaha sablon, pendampingan dengan mengarahkan mitra membentuk sutau kelompok wira usaha dibidang sablon.


Keywords


Pelatihan, Pegembangan Usaha, Sablon

Full Text:

PDF

References


Kipphan, Helmut (2001),Handbook of print media: technologies and production methods(edisi ke-Illustrated), Springer, hlmn.130–144,ISBN3-540-67326-1.

Mulyadi1), Ribangun B. Jakaria2)dan Wiwik Sumarni3), PKM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BISNIS SABLON DI JAWA TIMUR, Versi Online / URL : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/issue/view/584, Volume 15, Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3851-3855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.