PENDAMPINGAN MENGAJAR LITERASI NUMERASI BAGI GURU SLB

Iwan Gunawan, Nuri Annisa, Nano Sukmana

Abstract


Kesempatan memperoleh pengetahuan literasi harus merata kesemua lini tak terkecuali untuk sekolah Luar Biasa (SLB). Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan literasi numerik dan mendampingi guru-guru SLB BC Bina Kasih dalam  mengajar literasi numerasi kepada siswa. pengabdian ini telah dilaksanakan dengan dua tahap, pertama tahap pengenalan literasi numerasi, pada tahap ini disampaikan dengan tatap muka tranfer pengetahuan dan penguatan pemahaman konsep numerasi. Tahap kedua pendampingan dalam mengajar literasi numerasi, pada tahap ini guru didampingi dalam mengajar literasi numerasi kepada  siswa SLB. Hasil yang diperoleh pada pengabdian ini, guru SLB BC Bina Kasih menujukkan antusias yang besar dan menunjukkan bertambahnya pemahaman dalam literasi numerasi, serta mendapat pengetahuan baru dalam mengajarkan literasi numerasi untuk siswanya.


Keywords


Pendampingan Mengajar, literasi numerasi. SLB BC

Full Text:

PDF

References


Ari Wahyuni, Yeni Widiyawati, Indri Nurwahidah, D. N. (2022). Membangun Literasi Numerik dan Sain Paud untuk Menerapkan Pembelajaran yang Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3103–3108. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1715/1345

Fatin Fauziyyah, D. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(Volume 10), 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800

Imaddudin, Apriliana AT( 2022). Wisata Literasi Digital: Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten Kreatif Wisata Literasi Digital Bagi Forum (TBM) Taman Bacaan Masyarakat Kota Bekasi. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (10), 3444-3451.

Kemdikbud. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. , (2016).

Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kemendikbud. (2017b). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Simorangkir, F. M. A., & HS, D. W. S. (2021). Literasi Numerik Di Sd Swasta Pkmi Efesus Aek Batu. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 32–37. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/28198




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1042-1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.