PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH BAGI GURU DI SMA

Konstantinus Denny Pareira Meke, Sofia Sa'o, Lely Suryani, Alexander Bala, Felix Welu, Marsel Nande, Maimunah Haji Daud, Melkyanus Bili Umbu Kaleka, Sayful Amrin, Stefanus Hubertus Gusti Ma, Maria Kristina Ota, Yosef Moan Banda, Josef Kusi, Bonaventura R Seto Se

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk mengarahkan guru dan memberikan pendampingan saat guru melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan merampungkannya dalam artikel ilmiah yang terpublikasi. Metode pengabdian ini menggunakan pelatihan dengan tahapan yakni pendampingan dalam pembuatan proposal, membantu merancang kegiatan serta perangkat pembelajaran, pendampingan pelaksanaan PTK, hingga mempublikasikannya sebagai publikasi ilmiah pada jurnal nasional Ber ISSN. Hasil kegiatan pengabdian pendampingan ini menunjukkan bahwa bertambahnya wawasan dan motivasi para guru dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas serta lebih memahami tahapan-tahapan dalam proses pelaksanaan PTK. Guru juga mampu menghasilkan Karya ilmiah hasil PTK serta publikasi pada jurnal nasional ber ISSN yang dapat digunakan sebagai syarat kenaikan jabatan fungsional. Kegiatan pengabdian pendampingan pelaksanaan PTK dan penulisan publikasi ilmiah mampu menjadi motivasi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Publikasi Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Arizal N, Listihana, W. D. & Nofrizal. (2018). MENDELEY: UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DOSEN. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49-55. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.49-55

Aqib, Z. & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama

Asnaeni AM., S. et. al. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PTK MELALUI MODEL PARTISIPATIF SECARA INTENSIF PADA GURU TK DI K3TK WILAYAH III KEC. SOMBA OPU. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(10), 3765-3771. DOI:http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3765-3771

Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931

Burhanuddin, B., Intiana, S. R. H., Suyanu, S., Saharuddin, S., & Hidayat, R. (2021). PENGEMBANGAN KARYA PROFESI GURU MELALUI PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i2.2661

Dewi, N. R. et al. (2019). Pendampingan merancang penelitian tindakan kelas dan penulisan publikasi kepada guru-guru SD di desa Sakatiga. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 367-372. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jpmuad/article/view/1270

Dewi, F., Justicia, R. & Bayuni, T. C. (2022). PELATIHAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 291-300. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.291-300

Elisa, Mardiyah, A. & Irwan, N. (2017). PELATIHAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAGI GURU SMA NEGERI 2 PLUS SIPIROK. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22-26. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i1.22-26

Fitria, H., Kristiawan, M. & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25.

Herwiana, S., Zuhriyah, M. & Agustina, M. K. (2021). PELATIHAN MEMBUAT MEDIA DONGENG UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTEK DALAM KELUARGA. Abidumasy. 2(1), 7-12

Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Pengembangan Kemampuan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung . EDUCARE, 16(2), 1-7. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/222

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI MTs. NW MERTAKNAO. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–40. https://doi.org/10.36312/linov.v1i1.402

Ikhtiagung, G. N., Somantri, O., Prihantara, A., Fadlilah, I., Triwuri, N. A., & Satriawan, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Untuk Penelitian Tindakan Kelas dan Pemahanan Angka Kreditnya Untuk Penilaian Jabatan Fungsional Guru. Madaniya, 1(4), 202-210. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/view/38

Kaleka, M. B. U., Nasar, A., Daud, M. H., Ika, Y. E., & Harso, A. (2020). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMP RAYON KECAMATAN NANGAPANDA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 47-54. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.74

Khery, Y., Nufidaa, B. A., Ahzan, S., Efendi, I., Megapratiwi, F. I., Dasna, I. W., & Hidayati, Y. (2022). Pelatihan PTK dengan Model Pembelajaran Proyek dan Blended Learning untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Peningkatan Kinerja Guru. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 681–689. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.914

Lao, H. A., Tari, E., Koroh, L. I. ., Liufeto, M. C. ., & Sodak, H. (2022). Tips dan Trik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas di Lembata. Abdimas Universal, 4(1), 93–97. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.182

Lubis, F. A., Dongoran, P. & Lubis, J. A. (2018). “PENGEMINITOR” PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMENT PENILAIAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA GURU- GURU MUHAMMADIYAH KOTA PADANGSIDIMPUAN. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 158-164.

Mahayanti, N. W. S. & Utami, I. A. M. I. (2017). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMP DI KECAMATAN SUKASADA. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 145-155. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/11619

Mahmudati, N., Waluyo, L., & Pantiwati, Y. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk Guru Anggota MGMP IPA Kota Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2), 241–248. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i2.662

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 107-121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p107-121

Melasarianti, L., Pujihastuti, E., Yulianti, U. H., Mariasari, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2022). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6514

Nazariah, Yani, M. & Fahmi, R. (2022). WORKSHOP MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF KEPADA GURU SEKOLAH DASAR DI BANDA ACEH. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 1010-1017. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1010-1017

Sadipun, B. ., Paskalino Dadi, A. F. ., Lina, V. B. ., Hokon, B. H. ., Apriana Parera, P. B. ., & Riti, P. . (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SD Katolik Ndona 2 Ende. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4059

Sari, N., Haifaturrahmah & Mariyati, Y. Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1273-1282. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3129

Sari, I. N. & Hayat. (2021). Service Learning Klinis Artikel Ilmiah Guru yang akan Mengajukan Kenaikan Pangkat Jabatan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(5), 1114-1119.https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7985

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47-58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014).Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 12(1), 42–47. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5586

Soesatyo, Y., Tjipto Subroto, W., Canda Sakti, N., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02

Son, A., Mamoh, O., Nahak, S., & Simarmata, J. (2022). Karya Tulis Ilmiah: Sosialisai Penulisan dan Publikasi Bagi Guru-Guru Se-Kecamatan Amanuban Tengah. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.32938/jpkm.1.1.2022.1-8

Sukendra, I. K., et al. (2021). PKM. SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL BADUNG. (2021). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 74-83. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyamahadi/article/view/1586

Syarifuddin, S. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21

Tupen, S. N., Sa’o, S., Taga, G., Meke, K. D. P. ., & Suryani, L. (2020). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI SMA. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 47-53.https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.718

Warniasih, K., Rahmawati, S. & Utami, N. Y. (2019). WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PTK KOLABORATIF DI SD N TAMANSARI 1 DAN 2 YOGYAKARTA. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 133-143.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365–375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016

Zulfa, L. A., & Mulyaningtyas, R. (2022). Bimbingan Teknis Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Ilmiah bagi Guru MI Al Ishlah Tiudan . Abdimas Universal, 4(2), 191–197. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i2.178

Zulfiani, Yanti Herlanti, Y. & Sofyan, A. (2016). KAJIAN PENERAPAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS KOLABORATIF ANTARA PERGURUAN TINGGI DAN SEKOLAH. Cakrawala Pendidikan, 35(2), 273-283. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8054




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1876-1886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.