PELATIHAN KEMANDIRIAN FINANSIAL RUMAH ASUHAN YATIM PIATU UMMI IKHLAS MAYANG MANGURAI, KEC. ALAM BARAJO KOTA JAMBI MELALUI PRGRAM PENGEMBANGAN UNTI USAHA PANTI MENUJU PANTI MANDIRI

Diah Riski Gusti, Ade Adriadi, Dila Oktarise Dwina, Dyah Kumalasari, Oki Alfernando

Abstract


Rumah Asuhan Yatim Piatu Ummi Ikhlas didirikan oleh Ustadzah Syamsatul Muniri yang terletak di ‘Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi’. Panti asuhan ini berada dibawah Yayasan Tarbiyah Ar-Rahman Ar-Rahim. Panti ini dari awal berdiri tidak mendapatkan bantuan finansial dari pemerintah dan juga tidak memiliki donatur tetap, sehingga untuk pemenuhan finansial operasional sehari-hari bergantung kepada donatur tidak tetap. Biaya sekolah anak-anak panti saat ini menggunakan uang tabungan mereka yang juga didapatkan dari donatur tidak tetap. 

Dengan kondisi yang ada saat ini, sangat dibutuhkan solusi cepat untuk dapat mengatasi permasalahan finansial rumah asuh, terutama untuk pemenuhan kegiatan operasional rumah asuh, seperti biaya untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya Pendidikan. Mengacu pada beberapa pengelolaan panti yang sudah modern dan menuju mandiri, maka ada beberapa program yang dapat dikembangkan dan dicontoh oleh Rumah Asuhan Yatim Piatu Ummi Ikhlas untuk dapat juga mandiri. Pengembangan yang dimaksudkan berdasarkan potensi yang dimiliki adalah dengan membangun unit usaha khusus untuk rumah asuh sebagai pondasi finansial yang dapat mengurangi beban operasional panti. Unit usaha yang dapat dibangun yaitu bisnis industri kreatif seperti aneka kerajinan tangan dan kuliner. Selain itu, pengalaman dan keterampilan yang didapatkan oleh anak asuh dapat menjadi bekal bagi mereka dalam menjalankan kehidupan nantinya

Keywords


Rumah Asuhan, Finansial, Unit usaha

Full Text:

PDF

References


Mohamad, G. (2017). Pengabdian pada masyarakat Pondok pesantren Qomarudin DesaBungah Gresik Kewirausahaan santri https://journal2.unusa.ac.id/index.phpDJ/article/view/340, diakses tanggal 15Maret 2022.

Purwoko, Bambang. (2011). Sistem proteksi Sosial dalam demensi Ekonomi,Jakarta Oxfrod Graventa.

Suharto,Edi.(2010), Membangun Masyarakat. Membangun Rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung : Rafika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.901-906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.