PENERAPAN E-MODUL PRAKTIKUM KIMIA PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA ABDI NEGARA BINJAI

Sinche Selvister Daeli, Adilah Wirdhani Lubis, Wildawani Siregar

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMA Abdi Negara Binjai yang berjumlah 20 orang siswa kelas XI IPA 1. Peneliti membuat sebuah modul pembelajaran pratikum kimia elektronik pada materi asam basa untuk dijadikan sebagai alat pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada kegiatan pratikum dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang di gunakan dalam penlitian ini adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji N-Gain untuk hasil belajar siswa .  Validasi e-modul dilakukan oleh 3 orang ahli dimasing-masing kategori yaitu ahli materi, ahli media dan juga ahli kepraktisan dengan memberikan angket. Penilaian para ahli menunjukkan bahwa e-modul Pratikum Kimia pada materi asam basa secara keseluruhan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil pre test dan post tes yang diberikan kepada peserta didik dan diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 42%  dan nilai rata-rata post test sebesar 82% yang berada di kategori baik atau tuntas,dan uji n-gain diperoleh nilai sebesar 0,82% yang berefek besar yaitu  hasil belajar siswa meningkat.


Keywords


E-Modul, Asam Basa, Respon, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Harefa, N. (2018). Hubungan motivasi belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada metode praktikum. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 28-38.

Hartati, T. A. W., Corebima, A. D., & Suwono, H. (2015). Perbandingan Potensi Model Pembelajaran Berbasis Kosntruktivis (Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5e) dalam Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Berkemampuan Akademik Rendah. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 85-90).

Rahmawati, R., Laksmiwati, D., Al Idrus, S. W., Hakim, A., & Supriadi, S. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Organik I Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Sains. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 176-179.

Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk sekolah menengah atas kelas XI pada pokok bahasan momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29-34.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.97-104

Article Metrics

Abstract view : 472 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.