PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Sri Rahwany Marbun, Siti Kholidah Marbun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada  pengaruh pemahaman konsep terhadap hasil belajar matematika siswa dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penalaran logis terhadap hasil belajar matematika siswa serta  Untuk mengetahui adakah secara bersama-sama pengaruh pemahaman konsep dan penalaran logis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang berbentuk essay test 10 soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 84 siswa. Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil penlitian tes pemahaman konsep (X1) dengan rata-rata 71,91 dan simpangan bakunya sebesar 7,915 dan untuk tes penalaran logis (X2) dengan rata-rata 70,18 dan simpangan bakunya sebesar 7,056 serta tes hasil belajar (Y) dengan rata-rata 71,86 dan simpangan bakunya 7,460. Hasil analisis ternyata hasil tes berdistribusi normal, sehingga persyaratan analisis terpenuhi. Dari hasil pengujian hipotesis data diperoleh ttabel  = 1,701. Karena nilai thitung (2,883) > ttabel (1,701), maka dapat di simpulkan bahwa pemahaman konsep dan penalaraan logis berpengaruh meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2013/2014

Keywords


Pemahaman konsep; Penalaran logis; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Riyanto, B., A.Siroj R. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstrutivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. jurnal pendidikan matematika volume 5. No. 2 juli 2011.

Jonsson, B., Norqvist, M., Liljekvist,Y., Lithner,J. 2014. Learning mathematics through algorithmic and creative. Journal of Mathematical Behavior 36 (2014) 20–32.

Hamdani, D., Kurniati, E., Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012 ISSN 1412-3617.

Aydin, Y. 2014. The effects of problem based approach on student’s conceptual understanding in a university mathematics classroom.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Robert E, Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Indeks.

Nunes, T.,Bryant, P., Evans,D., Bell, D., Gardner,S., Gardner,A., Carraher,J. 2007. The Contribution Of Logical Reasoning To The Learning Of The Mathematics In Primary School. British Journal Of Developmental Psychology (2007), 25, 147-166.

Ruseffendi, E.T.. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Nitjarunkul, K. 2015. The study of concepts understanding and using competence of teachers in educational innovation and technology for teaching management at schools of the unrest areas of three southern border provinces of Thailand. Procedia-Social and Behavioral 174 (2015) 2473-2480.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.287-294

Article Metrics

Abstract view : 706 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.