ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI

Uswatun Hasanah S

Abstract


Bidang pendidikan merupakan salah satu dasar yang manjadi perhatian utama dalam memberikan perubahan pola pikir manusia sehingga kehidupan manusia berubah semakin maju mengikuti perkembangan zamannya. Dengan pendidikan yang baik setiap siswa akan membentuk karakter terpuji sehingga ketika siswa menjalani kehidupan bermasyarakat akan saling menjaga keselarasan dan menjaga perdamaian dengan kompetensi masing-masing yang sudah dimiliki. Salah satu tolak ukur yang digunakan guru dalam menentukan keberhasilan siswa pada kegiatan belajar mengajar adalah hasil belajar pada ranah kognitif. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas X MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Rancangan dalam penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Siswa dikelompokkan menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data penelitian memperlihatkan bahwa thitung = 2,248 sedangkan ttabel = 1,67 dengan kriteria pengujian terima Ho jika th < t(1-α) dan tolak Ho jika mempunyai harga lain pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan dk = (n1 + n2) – 2. Hasil perhitungan diperoleh harga thitung> ttabel yang berarti harga t tidak berada pada daerah penerimaan Ho sehingga dikatakan Ho diterima pada taraf nyata 0,05. Perbandingan kedua angka di atas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) materi reaksi reduksi dan oksidasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

.

Kata Kunci: Creative Problem Solving, Ranah Kognitif, Hasil Belajar


Keywords


-

Full Text:

PDF

References


Draze, Dianne. 2005. Creative Problem Solving For Kids. United States of America: Prufrock Press, Inc.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C. Jakarta: Depdiknas.

Mitchell, William. E & Thomas F. Kowalik. 1999. Creative Problem Solving. ClarisWorks®for MacIntosh 2.1v4: Genigraphics Inc.

Marsaliha. 2019. Hubungan Antara Perkembangan Kognitif dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Munandar, S.C Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rinka Cipta.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Simanjuntak, Florensya E., Erviyenni, dan Noer, Asmadi M. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Tipe Treffinger untul Meningkatkan Berpikir Kreatif pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Pembelajaran Kimia. Universitas Negeri Malang.

Siswono, T.Y.E. 2006. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal (Online).

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana, Nana. 2007. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Treffinger, J., Donald dan Scott G. Isaken. 2005. Creative Problem Solving : The History, Development, and Implications for Gift Education and Talent Development. Gifted Child Quarterl. Orchad Park, NY: Center for Studies in Creativity.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.298-302

Article Metrics

Abstract view : 1930 times
PDF - 781 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.