VIDEO MATERI KALOR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG TERINTEGRASI KEISLAMAN

Maulida Permata Sari, Atin Supriatin, Nurul Septiana

Abstract


Tujuan pengembangan pada penelitian ini, yaitu (1) Mengetahui langkah pengembangan media berupa video pembelajaran yang diintegrasikan dengan keIslaman dan berbasis keterampilan proses sains, (2) Mengetahui validitas dari ahli terhadap media berupa video pembelajaran, dan (3) Mengetahui hasil respon peserta didik terhadap media berupa video materi kalor berbasis keterampilan proses sains yang terintegrasi keIslaman. Pengembangan penelitian ini adalah penelitian terhadap pengembangan media berupa video pembelajaran, dengan metode Research and Development (R&D). Diperoleh hasil dari pengumpulan data (1) media dikembangkan dengan model ADDIE berupa Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi, penelitian ini dibatasi sampai pada Penerapan. (2) hasil validasi video pembelajaran dari penilaian ahli media diperoleh persentase sebesar 92% dikategorikan sangat baik dengan kriteria sangat layak digunakan, dari penilaian ahli materi fisika diperoleh persentase sebesar 92% dikategorikan sangat baik dengan kriteria sangat layak digunakan, dan dari ahli materi keIslaman diperoleh persentase sebesar 77% dikategorikan baik dengan kriteria layak digunakan. (3) hasil respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 80,86% dikategorikan baik dengan kriteria sangat layak.

Keywords


Video, Kalor, Keterampilan Proses Sains, Integrasi KeIslaman

Full Text:

PDF

References


Agustini, K., dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah & Pembelajaran, 4(1), hal. 62-78.

Astuti, S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal & Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), hal. 69-75.

Hanna, D., dkk. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), hal. 23-29.

Hasanah, U., dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian & Pengembangan IPA, 1(1), hal. 91-106.

Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan Missio, 10(1), hal. 48-52.

Kadi, T. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 01(02), hal. 144-155.

Kamlin, M., dkk. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran & Pembelajaran. Malaysian Journal of Social and Humanities (MJSSH), 5(10), hal. 105-112.

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Air sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), hal. 155-164.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah & Tarbiyah, 03(01), hal. 171-187.

Panggabean, D., dkk. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA dengan Whiteboard Animation. Bandung: Media Sains Indonesia.

Pertiwi, F. (2016). Pembelajaran Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam melalui Diagram Vee. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), hal. 35-36.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan & Pengembangan Pendidikan, 3(1), hal. 42-47.

Putri, S. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Rayanto, Y., dkk. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Samudra, G., dkk. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), hal. 1-7.

Supardi, dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran & Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1), hal. 71-81.

Wati, L., dkk. (2021). Media Pembelajaran Majalah Fisika Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), hal. 195-203.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), hal. 91-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.290-297

Article Metrics

Abstract view : 315 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.