Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII

Ninda Efrilliana Arum, Sjaifuddin Sjaifuddin, Annisa Novianti Taufik

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh instrumen soal evaluasi pembelajaran daring yang kurang menarik dan belum berbasis HOTS. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengembangan dan menganalisis tingkat kelayakan instrumen soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) berbasis Quizziz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model prosedural 3-D dikemukan oleh Thiagarajan (1974) yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Penelitian ini menghasilkan produk berupa 20 butir soal pilihan ganda bertipe HOTS yang dikembangkan berbasis Quizizz dengan tema hipertensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototype memiliki tingkat kevalidan sebesar 85%  (sangat valid) pada aspek materi, 84% (sangat valid) pada aspek konstruksi, 91%  (sangat valid) pada aspek bahasa dan 87% (sangat valid) aspek media. Sehingga jika ditinjau secara keseluruhan aspek, prototype yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 86,7% termasuk kategori sangat valid sehingga desain produk intrumen soal HOTS berbasis Quizizz dengan tema Hipertensi yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Kata Kunci: Instrumen soal, HOTS, Quizizz, Hipertensi.


Keywords


Instrumen soal; HOTS; Quizizz; Hipertensi

Full Text:

PDF

References


Andrita Purnamasari. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan, 3(1), p6

Cayani, S., Lubis, M., & Saltifa, P. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Materi Bilangan Di Sekolah Menengah Pertama. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2), 32–44

Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi HOTA (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 41–50.

Dewi, Nastitisari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks 67 Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Jurnal EduSains, 8(1), 98-107

Fanani, M.Z (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudena: Journal of Islamic Religious Education. 2(1). 57-76

Hidayah, M., Riani, E., Sjaifuddin, & Khastini, R.O. (2022). Implementation Research Result About the Effect of Heavy Metal Cadmium on the Growth of Tiger Shrimp (Penaeus monodon) as Biology Learning Source for Environmental Pollution. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus 8(1): 122-132.

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1-12.

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs-IPA. Jakarta: BPSDM Kemendikbud

Kristanto, P.D., dan Setiawan, P.G.F. (2020) Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol.3, 370-376

Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN KIMIA SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39

Lestari, S.M., Sjaifuddin, & Resti, V.D.A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz. PENDIPA Journal of Science Education. 6(2), 531-540

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mufidah, S., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6, No.4, 11-17

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.

Mulyasa, E. (2011). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nofiana, M., Sajidan, & Karyanto, P. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluai Two-Tier Multiple Choice Test Question Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Inkuiri, 3(2), 60–74.

Noto, M. S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-Bound). Infinity Journal, 3(1), 18-32.

OECD. (2019). PISA 2018: PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA OECD Publishing

Permatasari, Arvynda. (2014) Pengelolaan Evaluasi Hasil Balajar Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(3). p260

Pratiwi, V. (2016). Pengembangan Alat Evalusi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wordshare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1), 1-7

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 873–882.

Salsabila, U.H., Lestari, W.M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13

Septiani, A. D., Sjaifuddin, & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(01), 167-174

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., dan Pudjiastuti, A. (2018) Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sjaifuddin, S., Hidayat. S., Fathurrohman, M., Ardie R., & El Islami, R.A.Z. (2019). The Development of Food Security Behavior Model Through Environmental-Based Learning: a System Dynamics Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2) 230-240

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Jurnal INVENTA, 3(1), 1–9

Suciningsih. (2020). Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar dalam Masa Covid-19 di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. (Thesis). Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Surata, I. W. (2018). Penilaian Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hinger Order Thinking Skill). 1–10

Tawil, Muh dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM

Utami, T.P., Sjaifuddin, & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 129-135

Widana, I Wayan., Adi., H. A. (2019). Modul Penyusun Soal HOTS Matematika. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Alfabeta

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). 95-115

Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA Analysis Of Capability Profile Of Critical Thinking Of PGSD Students With Graded Response On Science Learning. IJIS Edu: Indonesian J. Integr. Sci. Education, 1(1), 25–32

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.270-279

Article Metrics

Abstract view : 3007 times
PDF - 1352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.