PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 4 PANYABUNGAN

Rina Khairani Rangkuti, Masdelima Azizah Sormin, Nur Sahara

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Online. Tujuan dalam penelitian adalah 1 ) Mengetahui adanya pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Panyabungan. 2) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran online dan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Panyabungan. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Dimana subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu tes. Uji yang dilakukan Yaitu validitas, reabilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan uji t-test untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran Online terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebanyak 82,05%. Dari Hasil pengujian spss bahwa nilai sig.(2-tailed) setiap variable X Dan variable Y Adalah < 0,005. Dilihat dari nilai thitung  > ttabel. Didapat hasil bahwa nilai thitung  > ttabel. Nilai ttabel 1,685 diperoleh dari nilai N 40-2=38. Angka 38 mempunyai nilai ttabel. 1,685.  Hasil uji reabilitas dapat diketahui bahwa secara keseluruhan Variabel X dan Y memiliki nilai cronbach’ alpha > 0,737. Pembelajaran online mampu menjadi penolong dunia pendidikan di masa Pandemi Covid 19 ini. Sehingga hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa model pembelajaran Online dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Panyabungan, model pembelajran Online dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan model pembelajaran Online dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar.


Keywords


Model Pembelajaran Online, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Afreni, dkk. 2020 Pembelajaran Daring di Tengan wabah Covid-19, Jambi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Cepy. Riyana.2019 Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka

D.L. Lowther, J, D, Russel, and S.E. Smaldin, 2008 Instructional Technology and Media for Learning.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.77-86

Article Metrics

Abstract view : 2643 times
PDF - 692 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.