UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 SIPIROK KELAS VII MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)
Abstract
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, 2016. Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik, (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik, (3) Mengetahui kadar aktivitas aktif siswa terhadapĀ pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik, (4) Mengetahui
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik (5) Menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil tindakan siklus I dan II : (1) Hasil tes pemahaman konsep matematika siklus I sebesar 38,24% siswa memiliki tingkat
kemampuan minimal baik, pada siklus II sebesar 82,35%; (2) Hasil tes pemecahan masalah matematika siswa siklus I sebesar 44,12% siswa memiliki tingkat kemampuan minimal baik, pada siklus II sebesar 82,35%; (3) Kadar aktifitas aktif siswa pada siklus I terdapat satu dari lima kategori pengamatan yang berada pada batas toleransi waktu,
pada siklus II terdapat lima dari lima kategori pengamatan berada pada batas waktu toleransi; (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik berada pada kategori baik, (5) proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik
Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p
Article Metrics
Abstract view : 16842 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 19266 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.